Pemasangan Lampu Hias Penerangan Jalan Kota Taput Mendapat Apresiasi Masyarakat

143
Pemasangan Lampu Hias Penerangan Jalan Kota Taput Mendapat Apresiasi Masyarakat
Pemasangan Lampu Hias Penerangan Jalan Kota Taput Mendapat Apresiasi Masyarakat

RADARINDO.co.id – Taput : Kalangan masyarakat menyambut baik pemasangan lampu penerangan jalan kota di Tapanuli Utara. Bahkan pemasangan lampu hias ini perlu diperbanyak untuk memperindah suasana malam seperti di Sipoholon, Siborong-borong dan Tarutung.

“Dengan keberadaan lampu penerangan jalan kota di sepanjang bantaran sungai Aek Sigeaon dan beberapa jalan protokol kota semakin memperindah suasana malam di Tarutung pada malam hari, tentu kami sangat senang dengan terobosan baru ini, kami minta untuk terus dilanjutkan di bantaran sungai yang belum terpasang seperti di Sipoholon” terang Warga si Poholon bermarga Simanungkalit kepada media, Senin (5/7/2021).

Baca juga : Bhabinkamtibmas Polsek Sempolan Monitoring Vaksinasi Lansia Dosis Ke 2

Ianya menjelaskan, sangat mendukung pencahayaan lampu yang dibuat sedemikian rupa, sehingga membuat suasana malam di Tarutung dan Siborong-borong semakin hidup, Jadi semakin terasa keindahan kota kita ini, jelasnya.

Senada dijelaskan pemerhati pembangunan Ketua LP3D Taput Sanriko Lumban Tobing ST, mengatakan,” pemasangan lampu penerangan jalan kota bila perlu dilakukan di seluruh pusat kecamatan yang ada di Taput ini. Meski sudah ada beberapa yang memiliki lampu kota, perlu juga ada variasi pewarnaan agar lebih menarik.

Selain memperindah suasana malam lampu kota atau juga disebut penerangan jalan umum dapat mengurangi tindak kejahatan, sehingga masyarakat nyaman melakukan perjalanan pada malam hari”, jelasnya.

Sanriko Lumban tobing juga menambahkan, lampu hias kota dan penerangan jalan umum sangat membantu pejalan kaki dan pengguna kendaraan mengetahui dengan jelas kondisi jalan atau medan yang dilaluinya pada malam hari sehingga dapat meningkatkan keselamatan berlalu lintas dan keamanan para pengguna jalan.

“Kita berharap, Pemerintah Daerah harus menganggarkan biaya pemeliharaan lampu. Jangan sampai ada lampu tersebut mati karena tidak ada biaya perawatan,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Taput, Tohom Silaban menjelaskan Pemkab Taput akan melanjutkan pembangunan lampu penerangan jalan kota. Hanya saja untuk tahun 2021 target yang dipasang masih di bantaran sungai Aek Siegaon dititik Sipoholon, melanjutkan pemasangan yang sebelumnya.

Baca juga : Bupati Samosir Hadiri Rapat Khusus Bersama Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR

Terkait perawatan aset dan biaya listrik, Dinas Perkim sedari awal sudah menampung anggarannya. Pagu anggaran ini juga sudah dibahas pada rapat bersama dengan anggota Komisi C DPRD Taput, terangnya pada awak media usai mengikuti rapat paripurna.

“Lampu penerangan jalan kota dan penerangan jalan umum adalah aset kita bersama, saya harap seluruh elemen masyarakat menjaga agar tidak dirusak ataupun dicuri oleh oknum tidak bertanggung jawab,” tutur Tohom Silaban.(KRO/RD/Reno H)