Pemkab Samosir Menggelar Musrembang Kecamatan Naiggolan

242
Pemkab Samosir Menggelar Musrembang Kecamatan Naiggolan
Pemkab Samosir Menggelar Musrembang Kecamatan Naiggolan

RADARINDO.co.id-Samosir : Pemeritah Kabupaten (Pemkab) menggelar Musrembang Kecamatan Nainggolan tahun anggaran 2021.

Musrembang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musywarah Perencanaan Pembangunan (Musremnang bertempat di Aula HKBP Kecamatan Nainggolan, Kamis (18/02/2021).

Dalam laporannya, Camat Nainggolan Drs. Barisan P. Simanullang, MM menyampaikan bahwa usulan yang di sampaikan merupakan usulan dan setiap desa yang sudah dibahas dalam remnuk desa sebelumnya.


Camat Nainggolan berharap bebagai ueulan yang akan disampaikan dapat terealisasi di tahun 2022 demi kemajuan Kabupaten Samosir secara umum dan Kecamatan Nainggolan secarakhusus.

Baca juga : Rencana Hibah Eks Akbid Pemko Tebing Tinggi Untuk UINSU Jadi Bola Liar

Kecamatan Nainggolan yang terdiri dari 13 Desa dan 2 Kelurahan menyampaikan usulan pembangunan sebanyak 151 usulan.

Musrembang Kecamatan Nainggolan dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir yang diwakili oleh Asisten II Saul Situmorang. Dalam sambutanya menyampaikan segala usulan yang telah disampaikan akan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

Namun secara umum usulan tersebut tidak seluruhnya akan terlaksana dikarenakan keterbasan dana APBD Kabupaten Samosir.

Pemeritah Daerah akan memilih skala super prioritas dari setiap usulan dengan tepat sasaran untuk meningkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan keterbatasan dana yang ada, Pemerintah Kabupaten Samosir akan terus melakukan pendekatan dan komunikasi dengan pemerintah pusat untuk mengambil dana pembangunan dari pusat.

Baca juga : Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Pertanda Apa? 

Dalam kesempatan ini Bupati Samosir menyampaikan bhwa di tahun 2020 banyak penurunan ekonomi yang terjadi baik dari tingkat Nasional, Provisi, dan Kabupaten akibat pademi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia oleh karena itu Pemkab Samosir akan memastikan segala usulan skala prioritas yang telah di usulakan dari setiap desa yang ada di kecamatan Nainggolan untuk dapat terealisasi di Tahun 2022.

Kepala Bappeda Rudi Siahaan dalam paparannya menyampaikan bahwa usulan Rencana pembangunan Sudah di masukan ke aplikasi SIPD dan Setiap peringkatnya daerah dalam menyiapkan Anggaran Tahun 2022 akan menyesuaikan dengan usulan musrembang.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara kesepakatan musrembang Kecamatan Nainggolan yang kemudaan diserahkan kepada Kepala Bappeda. (KRO/RD/P.Simbolon)