Pemkab Samosir Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

22

RADARINDO.co.id – Samosir : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir memperingati Hari Lahir Pancasila dilapangan Pangururan, Sabtu (01/6/2024). Pada peringatan yang mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” ini, Sekdakab Samosir, Marudut Tua Sitinjak bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Baca juga : Polda Sumut Diminta Gerebek PKS Mini Diduga Penadah TBS

Turut hadir, Kapolres Samosir Yogie Hardiman, Pabung 0210 TU, SAB Rudi Siahaan dan Tommy Naibaho, Asisten I Tunggul Sinaga, Asisten II Hotraja Sitanggang, serta Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang.

Peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Baca juga : PT Angkasa Pura I dan II Dibubarkan, Laporan Keuangan Dicurigai Bocor

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi dalam pidatonya yang dibacakan Sekdakab Samosir Marudut Tua Sitinjak mengatakan, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Didalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong-royong. Indonesia sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Melalui Tema Hari Lahir Pancasila Tahun ini, Kepala BPIP mengajak seluruh komponen bangsa bersatu dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika, katanya. (KRO/RD/P Simbolon)