Pemko Medan Diminta Tata Kembali Eks Gedung RRI

79

RADARINDO.co.id – Medan:
“Alangkah baiknya jika Pemko Medan bekerjasama dengan pihak eks gedung RRI dan Pemprovsu memikirkan bagaimana agar memanfaatkan gedung itu untuk kepentingan masyarakat. Seperti dipinjampakaikan kepada pedagang kaki lima [PK5], agar teratur dan tidak membuat macet dan beraroma tak sedap,” tuturnya.

Terkait hal itu, terpisah Ketua organisasi massa [Ormas] setempat, Rudi Hutauruk mengakui kondisi eks Gedung RRI itu sangat memprihatinkan. Ada yang dijadikan rumah kos-kosan untuk ‘kumpul kebo’ oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Dia pun setuju dengan ide Antonius untuk ditata kembali, dijadikan tempat para PK5. Namun, pihaknya sudah pernah meminta izin untuk mengkelola eks gedung RRI ini, baik kepada Lurah Pandau Hilir, PD Pasar Kota Medan dan pihak pemilik eks gedung RRI agar seluruh pedagang Jalan Bulan dapat ditampung di lokasi tersebut, setelah kirim surat sampai ke Jakarta, tak ada keputusannya.


Rudi Hutauruk berharap agar anggota DPRD Kota Medan dan DPRD Sumut dapat memfasilitasi pemerintah agar seluruh bangunan yang memiliki nilai sejarah tetap dijaga kelestariannya dan tidak punah. “Kalau pun tidak, serahkanlah kepada orang yang mampu untuk mengkelolanya, sehingga gedung-gedung bersejarah peninggalan Belanda itu dapat terus berdiri dan bermanfaat secara ekonomis, sekaligus membantu PK5 yang tak punya tempat,” tukasnya. (KRO/RD/wspda)