Pemko P. Sidimpuan Bantu Pembangunan Mesjid IAIN

94
Pemko P. Sidimpuan Bantu Pembangunan Mesjid IAIN
Pemko P. Sidimpuan Bantu Pembangunan Mesjid IAIN

RADARINDO.co.id-Psp: Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH menyerahkan Donasi sebesar Rp22.550.000, untuk pembangunan Masjid di Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan.

Baca juga : Pengamat Air Minum Kota Medan Beri Apresiasi Manajemen PDAM Tirtanadi

Bantuan diterima langsung Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag yang didampingi oleh Dr. Anhar, MA (Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan).

H. Ratonggi, M.A (Ketua Panitia Pembangunan Masjid IAIN Padangsidimpuan) dan Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag (Bendahara Panitia), serta Subroto (Humas IAIN Padangsidimpuan). Penyerahan donasi berlangsung di Aula kantor Walikota Padangsidimpuan, Jum’at (03/09/2021).

Donasi tersebut berasal dari Sumbangan dan Infak yang dihimpun dari Pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Padangsidimpuan.

H. Ratonggi M.Ag, selaku Ketua Panitia Pembangunan mengucapkan terima kasih kepada Walikota Padangsidimpuan beserta jajaran Pemko Padangsidimpuan yang telah menggalang donasi dari pegawai Pemko Padangsidimpuan.

Hal tersebut menurutnya merupakan partisipasi yang luar biasa dari masyarakat terlebih-lebih dari pemerintah Kota Padangsidimpuan terhadap perkembangan dan kemajuan pembangunan Mesjid IAIN Padangsidimpuan.

“Sebagai informasi awal, pembangunan Masjid kita sedang berjalan dalam Konstruksi Pondasinya,” jelas H. Ratonggi, M.Ag.

Sementara itu, Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Dr. Anhar, M.Ag memaparkan kepada Walikota tentang perkembangan IAIN Padangsidimpuan.

“Alhamdulillah, saat ini antusiasme masyarakat terus meningkat untuk menuntut ilmu di IAIN Padangsidimpuan, ini terbukti dengan bertambahnya beberapa program studi, antara lain program studi di Pasca Sarjana. Semoga dalam waktu dekat ini, kita bisa mengelola program Studi Kedokteran ataupun Kesehatan Masyarakat,” papar Dr. Muhammad Darwis Dasopang, MAg.

Hal ini juga diperkuat dengan penjelasan dari Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Anhar, M.Ag.

Saat ini usulan untuk alih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) telah diterima Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, sesuai dengan surat Menteri Agama Nomor B-379/MA/OT.00/08/2021 perihal Usulan Perubahan Bentuk 6 (enam) IAIN Menjadi Universitas tanggal 30 Agustus 2021.

Semoga usulan ini segera terrealisasikan dalam tahun 2022, ungkap Dr. Anhar, MA.

Walikota merasa bangga dan ikut senang mendengar kemajuan dan perkembangan IAIN Padangsidimpuan sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kota Padangsidimpuan.

“Saya sangat bersyukur dan bangga mendengar perkembangan IAIN Padangsidimpuan, semoga cita-cita kita untuk alih status menjadi Universitas Islam Negeri segera terwujud,” ungkap Walikota.

Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pegawai kota Padangsidimpuan yang sudah menyisihkan hartanya lewat donasi tersebut.

Ini menunjukkan solidaritas yang tinggi sekaligus sebagai rasa kepedulian pemko Padangsidimpuan terhadap kemajuan Pendidikan juga pembangunan Mesjid sebagai Sentral Pendidikan Karakter Umat.

Baca juga : Puskesmas Kampar Kiri Hilir Lakukan Suntik Vaksin Sinovac

Kami dari Pemerintah Kota berharap semoga IAIN Padangsidimpuan terus berkembang dan maju. Mari kita saling bersinergi dalam membangun peradaban bangsa ini, bermula dari kota kita ini, Padangsidimpuan.

IAIN Padangsidimpuan bertanggung jawab moral dalam melahirkan sarjana yang berkarakter, hal ini sinkron dengan Motto Kota Padangsidimpuan, yaitu BERSINAR : Bersih, Berkarakter, Aman dan Sejahtera, lanjut Walikota.

Turut hadir Wakil Walikota Ir. H. Arwin Siregar, Sekdako H. Letnan Dalimunthe S.KM, M.Kes, Kadis Pendidikan H. Muhammad Luthfi Siregar SH.MM, Kakankesbangpol Alfian S.Sos dan Kabag Kesra Rusianto Nasution. (KRO/RD/VRT-Thoms)