Pemko Padangsidimpuan dan KPK Gelar Rakor Pencegahan Korupsi

6

RADARINDO.co.id – Psp : Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan menggelar rapat kordinasi (rakor) evaluasi dan tindaklanjut pembangunan sistem pencegahan korupsi bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, di Aula Kantor Walikota Padangsidimpuan, Selasa (11/6/2024).

Baca juga : Warga Kota Medan Berharap KPK Segera Panggil Kadis Bina Marga

Dalam sambutannya, Pj. Walikota Padangsidimpuan, Dr. Letnan Dalimunthe SKM. M.Kes mengucapkan terimakasih kepada Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi atas komitmen dan kehadirannya di Kota Padangsidimpuan.

Dr. Letnan Dalimunthe menyampaikan, strategi pemberantasan korupsi secara nasional diarahkan pada pencapaian output Corruption Perception Index (CPI), Survei Penilaian Integrasi (SPl), dan lndek Perilaku Anti Korupsi (IPAK).

“Substansi output atas perbaikan tata kelola pemerintahan dan pencegahan korupsi diarahkan pada ketiga Indek tersebut,” ujarnya.

Dikatakan Pj. Walikota, Monitoring Center For Prevention (MCP) merupakan sistem yang memberikan informasi capaian kinerja program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

Baca juga : Bobby Nasution Bisa Marah Besar Melihat Kelakuan Oknum Dinas Perumahan Kota Medan

Dr. Letnan juga menjelaskan, hingga Juni tahun 2024, nilai MCP Kota Padangsidimpuan yang telah di input sebesar 51,6%, dan saat ini sedang dilaksanakan proses penilaian (verifikasi) yang data dukung diperoleh dari OPD terkait, kemudian SPI Kota Padangsidimpuan nilai integritas di tahun 2023 hanya 67,35.

“Tentu ini belum seperti yang kita harapkan, untuk itu akan menjadi perhatian dan komitmen kita bersama dalam melakukan upaya terbaik guna mengoptimalisasi pencegahan korupsi termasuk pentingnya pengawasan internal yang ketat, transparansi dalam pengelolaan anggaran, serta peningkatan kapasitas aparatur sipil negara dalam hal integritas dan etika kerja,” pungkasnya.

Selanjutnya, Ranta Marito mewakili Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi KPK RI, menyampaikan bahwa kedatangan tim nya untuk melakukan pembinaan pendampingan perbaikan sistem tata kelola pemerintahan dan integritas. Ia juga meminta kepada seluruh tamu yang hadir untuk menyamakan persepsi dan berkomitmen melakukan perbaikan tata kelola pemerintahan yang lebih baik. (KRO/RD/thoms)