Penderita Batu Ginjal Sebaiknya Hindari Konsumsi Buah Ini

16

RADARINDO.co.id : Seperti diketahui, buah merupakan makanan sumber vitamin dan mineral yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, ternyata ada jenis buah yang tidak boleh dimakan oleh penderita batu ginjal.

Penderita batu ginjal perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya, termasuk buah. Mengutip cnnindonesia, agar tak memperparah kondisi penderita batu ginjal, sebaiknya hindari konsumsi buah-buahan berikut ini.

Baca juga : Ini Makanan Rendah Gula yang Aman Bagi Penderita Diabetes


Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah yang tidak boleh dimakan penderita batu ginjal karena mengandung banyak oksalat. Pasalnya, buah kiwi kaya akan potasium, yang mungkin menimbulkan masalah bagi penderita masalah ginjal.

Kurma

Kurma dikenal sebagai buah yang kaya manfaat untuk kesehatan. Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi seperti karbohidrat, serat, kalium, zat besi, vitamin A, B, dan asam folat. Meski demikian, penderita batu ginjal tidak disarankan mengkonsumsi kurma secara berlebihan karena juga tinggi oksalat sekitar 24 miligram.

Baca juga : Ini Manfaat Angkat Kaki ke Tembok Bagi Kesehatan

Raspberi

Raspberi termasuk buah yang sehat karena mengandung antioksidan tinggi untuk tubuh. Namun, buah ini termasuk salah satu pantangan dan tidak boleh dimakan penderita batu ginjal karena tinggi kandungan oksalat.

Alpukat

Alpukat mengandung potasium yang tinggi. Satu buah alpukat dengan berat sekitar 200 gram mengandung 975 mg potasium, hampir setengah dari jumlah harian yang direkomendasikan untuk penderita penyakit ginjal. (KRO/RD/CNN)