Plt Sekda Padangsidimpuan Buka Rakor TPPS

19

RADARINDO.co.id-Psp : Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padangsidimpuan, Roni Gunawan Rambe, S.STP, M.Si membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Padangsidimpuan, Tahun 2024 di Aula Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padangsidimpuan, Selasa (20/2/2024).

Baca juga : Polres Palas Minimalisir Kejahatan Jalanan

Dalam arahannya, Sekda menyampaikan bahwa stunting sudah ditetapkan menjadi isu prioritas nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, dengan target penurunan yang signifikan dari kondisi 24,4% pada tahun 2021, menjadi 14% pada tahun 2024.


Sekda menjelaskan, dalam upaya pencapaian target, telah ditetapkan sasaran dan strategi nasional, melalui peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021, tentang percepatan penurunan stunting dan peraturan BKKBN nomor 12 tahun 2021, tentang rencana aksi nasional percepatan penurunan angka stunting (RAN PASTI), yang mana BKKBN ditunjuk sebagai ketua pelaksana percepatan penurunan stunting di tingkat pusat dan daerah.

Baca juga : Pemko Padangsidimpuan Gelar Konsultasi Publik RPJPD

Diharapkan, rakor ini dapat dioptimalkan menjadi wadah strategis dalam koordinasi, konsolidasi dan sinergi antar OPD terkait dan para pelaku percepatan penurunan stunting diseluruh jenjang TPPS agar dapat meningkatkan kinerja konvergensi dan kualitas layananan intervensi kepada seluruh sasaran di wilayah Pemko Padangsidimpuan. (KRO/RD/thoms)