Polsek Siak Hulu Resort Kampar Gelar Konfrensi Pers Ungkap Kasus Pencurian dan Pemberatan

438
Polsek Siak Hulu Resort Kampar Gelar Konfrensi Pers Ungkap Kasus Pencurian dan Pemberatan
Polsek Siak Hulu Resort Kampar Gelar Konfrensi Pers Ungkap Kasus Pencurian dan Pemberatan

RADARINDO.co.id – Kampar : Kapolsek Siak Hulu AKP Yusriandi Zuhri Siregar S.Sos. MH didampingi Kanit Reskrim Iptu. Novris. H. Simanjuntak. SH, MH lalukukan Konfrensi Pers Pengungkapan Kasus Perkara Pencurian dan Pemberatan.

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/125/VI/2021/RES KPR/SEK SIAK HULU Tanggal 06 Jjuni 2021, Gelar Konfrensi Pers bertempat di Mapolsek Siak Hulu, Kamis (22/07/2021) pukul 10.00 Wib.

Baca juga : TNI-Polri Ciptakan SITKAMTIBMAS Putuskan MK Pilkada Labuhanbatu

Kapolsek Siak Hulu AKP. Yusriandi Zuhri Siregar. S.Sos. MH menjelaskan, bahwa 2 tersangka Pencurian dan Pemberatan berinisial S alias E (37) dan H alias EL (44) sudah diamankan di Mapolsek Siak Hulu. Pelaku pencurian yang membobol uang Rp90 juta dan perhiasan emas seberat 120 Emas (300 gram).

Kejadian bermula tanggal 06 Juni 2021 sekira pukul 01.00 Wib rumah kontrakan kediaman korban Umar Bin Sidal (59) beserta isterinya Hj. Ramlah (53) yang beralamat di jalan Somel RT.002 RW. 004 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu.

Pekerjaan Umar dan isterinya sehari harinya pedagang ikan, jadi setiap hari sekira pukul 01.00 Wib kedua suami isteri ini setiap harinya meninggalkan rumah selalu keadaan kosong dan terkunci, untuk membeli ikan dengan mengedarai sepeda motor menuju Pasar Desa Teratak Buluh.

Kemudian disiang harinya sekira pukul 14.00 Wib, ketika pulang dari Pasar didapati rumah kontrakannya ada kejanggalan, kunci rumah sudah rusak.

Setelah mengamati isi rumah Umar dan isterinya kaget karena Uang dan perhiasan emas habis dicuri orang tidak dikenal. Merasa dirugikan hari itu juga Umar dan isterinya melaporkan kejadian pencurian ke Mapolsek Siak Hulu.

Berkat adanya laporan Polisi Nomor : LP/135/VI/3021/RES KPR/SEK DIAK HULU Tanggal 06 Juni 2021, Kapolsek Siak Hulu AKP. Yusriandi Zuhri Siregar. S.Sos. MH perintahkan Panit Reskrim Iptu. Novris. H. Simanjuntak. SH. MH lakukan olah TKP dan penyelidikan.

Pada hari Jumat tanggal 16 Juli 2021 sekira jam 01.30 Wib Tim Unit Reskrim sedang melakukan penyelidikan, mendapat informasi pelaku pencurian uang dan emas milik Umat yang melibatkan warga Desa Baru berinisial S alias E. Kemudian sekira pukul 02.30 Wib Tim Unit Reskrim bergerak dibawah pimpinan Panit Reskrim Iptu. Novris. H. Simanjuntak dan berhasil mengamankan S alias E berikut 1 unit Sepeda Motor Kawasaki Ninja BM 6795 UB.

Dari keterangan intogerasi tersangka S alias E dilakukan pengembangan, Tim Unit Reskrim berhasil menangkap H alias EL selaku rekan untuk melakukan pencurian di Desa Segati kecamatan Langgam kabupaten Pelelawan. Saat terjadi penangkapan H alias EL melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri.

Sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur pada bagian kaki sebelah kanan. Dari pelaku diamankan 1 unit HP dan 1 unit sepeda motor Honda Beat.

Dari hasil pengembangan dari kedua tersangka, selanjutnya Tim Reskrim menuju Ujung Batu kabupaten Rohul untuk mencari pelaku berinisial HO yang masih (DPO) yang membantu pelaku S alias E menjualkan perhiasan berupa Emas hasil pencurian.

Tapi sampai saat ini belum diketemukan diduga pelaku berinisial HO sudah mengetahui perihal penangkapan pelaku S alias E.

Baca juga : Polsek Medan Area Pasang Spanduk PPKM Darurat

Kapolsek Siak Hulu AKP. Yusriandi Zuhri Siregar. S.Sos. MH juga menjelaskan kedua tersangka dalam penyidikan, barang bukti 1 unit HP, 1 unit sepeda motor merk Honda Beat BM 5481 ZAP.

Yang dipakai pelaku melakukan kejahatan, 1 unit sepeda Motor Merk Kawasaki Ninja BM 6795 UB yang dibeli S alia E uang hasil kejahatan dan 1 unit sepeda motor Merk MX BM 5146 ZAO juga hasil kejahatan. Kerugian korban ditaksir sebesar Rp360 juta.

“Sementara untuk kedua tersangka kita sangkakan pada pasal 363 ayat 1 dan 2 dengan ancaman hukuman 7 Tahun penjara”, tutup Kapolsek. (KRO/RD/SM)