Program Keserasian Sosial Tingkatkan Kerukunan Antar Warga Kabupaten Tanggamus

72

RADARINDO.co.id-Tanggamus:

Program keserasian sosial merupakan salah satu program dari Kementerian Sosial RI dalam penanganan masalah konflik sosial. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk pencegahan
terhadap konflik sosial di tengah masyarakat sejak dini,sasaran program tersebut adalah masyarakat di daerah rawan konflik yang sudah dipetakan melalui program yang dicanangkan Pemkab Tanggamus, baru baru ini.

Diharapkan pekon memiliki kekuatan untuk membangun dinamika keseimbangan ketika muncul stimulan-stimulan yang kontra sosial tanpa memandang aspek ideologi, ekonomi maupun politik.


Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) meluncurkan Program Keserasian Sosial sebagai upaya deteksi dini, pencegahan, serta penanganan efektif terhadap potensi-potensi konflik sosial yang ada di tengah masyarakat di Kabupaten Tanggamus

Program yang digulirkan Kemensos RI tersebut merupakan pembangunan Pagar Makam di Pekon Karang Agung Kecamatan Semaka dan di Pekon Payung Kecamatan Kotaagung Barat, tujuan program ini adalah untuk mencegah konflik antar masyarakat.

Adapun kegiatan berupa fisik dan non fisik yang melibatkan seluruh unsur masyarakat setempat dengan mengkedepankan kebersamaan.

Menurut, Dulkarim pendamping Forum Keserasian Sosial Kabupaten Tanggamus, mengatakan keserasian sosial adalah tata kehidupan sosial yang dilandasi semangat saling menghargai, saling menghormati antar warga dan antar komunitas lokal yang terpenting adalah hubungan mutualisme.

“Saling membutuhkan, saling bergantungan, saling menerima serta saling menghargai dan hidup rukun dalam kehidupan masyarakat”, ujar Dulkarim. (KRO/RD/ARI).