Program Pamsimas Bantu Masyarakat Sediakan Air Bersih Di Pekon Gisting Bawah

112

RADARINDO.co.id-Tanggamus: Program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan.

Dengan adanya program Pamsimas dari pemerintah, diharapkan dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) pembangunan berbasis masyarakat.

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah menjadi salah satu program berbasis masyarakat untuk meningkatkan akses masyarakat perdesaan kepada air minum aman dan sanitasi layak.

Program ini merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, pemerintah desa, dan masyarakat.

Seperti hal nya Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang di laksanakan di Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus sangat bermanfaat di masyarakat Khusus nya di Dusun II B Pekon Gisting Bawah tersebut.

Program nasional dalam rangka meningkatkan akses penduduk pedesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak, melalui pendekatan berbasis masyarakat berlangsung di Dusun II B Pekon Gisting Bawah sudah direncanakan beberapa tahun yang lalu namun terealisasi di awal tahun 2020, dan sudah dapat di manfaatkan oleh masyarakat setempat.

Menurut Pj Kepala Pekon Heriyono,SE saat di Wawancarai RADARINDO.co.id mengatakan, keberadaan Pamsimas sangat dibutuhkan masyarakat di Pekon Gisting Bawah khusus nya masyarakat yang ada di Dusun II B.

“Program Pamsimas ini telah direncanakan beberapa tahun lalu, namun baru terlaksana pada Tahun 2020 dan saya selaku Pj Kepala Pekon Gisting Bawah sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah memberi program Pamsimas Di Pekon Gisting Bawah”, ujar Heriyono.

Untuk itu, diharapkan Kepada masyarakat dan pengelolah agar bersama-sama menjaganya agar bermanfaat.

“Saya berharap, keberadaan Pamsimas di Pekon Gisting Bawah Ini dapat dirawat dan difungsikan dengan optimal,untuk tahap awal ini kita targetkan 45 KK, karena tidak menutup kemungkinkan akan kita salurkan ke Dusun lain tinggal kita liat kapasitas debit air nya mencukupi atau tidak,” tambah Heriyono.

Sementara Didi Setiawan, masyarakat di Dusun II B menuturkan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan pemerintahan Pekon Gisting Bawah karena telah menfasilitasi sehingga Program Pamsimas ini sangat membatu masyarakat di Pekon kami.

“Memang di Pekon Kami ada beberapa Dusun yang sulit serta kekurangan air bersih apalagi saat musim kemarau dan Alhamdulillah selama ada pamsimas masyarakat sangat terbantu dan merasakan manfaat nya langsung”, ujar Didi.

Terakhir kami masyarakat Pekon Gisting bawah Dusun II B akan senantiasa bersama – Sama menjaga dan memelihara kelestarian Pamsimas secara berkala dan partisipatif”, tutup Didi. (KRO/RD/Nizal)