PTPN IV Kebun Tonduhan Bantu Petani Sawit

9 views

RADARINDO.co.id-Simalungun:
Untuk pertama kali Asosiasi SAMADE berhasil membantu petani sawit melaksanakan kegitan Replanting yang di gelar di Nagori Buntu Bayu Kec. Hatonduhan Kab. Simalungun-Sumut seluas 142 Ha.
Kegiatan tanam perdana ini direncanakan akan dihadiri Dirut PTPN IV, Direktur Operasional PTPN IV, Direktur PPKS, Kepala Dinas Perkebunan Sumut, Dinas Pertanian Simalungun, BPDP KS, GAPKI Sumut, Bank Mandiri, Camat Hatonduhan, Kapolsek Tanah Jawa, Dan Ramil Tanah Jawa.
Manejer Unit PTPN IV Kebun Tonduhan, Mandoge, Bah Jambi, Marihat dan Pengurus DPP Samade, DPW Samade, DPD Samade dan DPC Samade serta para peserta petani sawit yang terdiri dari Kelompok Tani Dosroha dan Saroha (11/02/20).
PSR merupakan peremajaan sawit rakyat yang merupakan mandatoring Keputusan DIREKTUR JENDERAL PERKEBUNAN No : 29/KPTS/KB.120/3/2017, tentang Pedoman Peremajaan Tanaman Kelapa Sawit Pekebun. Asosiasi SAMADE (Sawitku Masa Depanku) sangat kesulitan dalam melakukan keyakinan bahwa PSR tersebut sangat bermanfaat bagi petani sawit dan adanya hibah bantuan dari Pemerintah RI sebesar Rp25 Juta per Ha.
Bantuan ini bersifat tidak terikat baik Perusahaan maupun Pemerintah. Disini ketakutan para petani bahwa bantuan tersebut mengandung unsur politis atau akan ada terikat kontrak dengan salah satu Pabrik Kelapa Sawit. Butuh satu tahun untuk menyakinkan para petani saawit di Kab. Simalungun, mulai dari sosialisasi hingga terlaksananya kegiatan ini.
Kegiatan sosialisasi PSR yang dilakukan Asosiasi SAMADE berkat dukungan Perusahaan Perkebunan PTPN IV dan PPKS serta bantuan pegiat sawit dari Institute Enviro Kompassia. Untuk kegiatan acara tanam perdana besok adalah berkat bantuan dari PTPN IV KebunTonduhan yang dipimpin Bapak Sutres. Beliau sangat mendukung kegiatan tersebut, apalagi para petani tersebut berdampingan dengan Kebun PTPN IV, hal tersebut disampaikan saat menerima Audiensi Edi Sinaga (Sekretaris SAMADE), Sutres di dampingi Armansyah (Askep Tanaman).
Kebun Tonduhan bantu nasi kotak sebanyak 150 orang sesuai dengan permohonan surat yang masuk kepada kami, tambah Armansyah.
Hal senada disampaikan Edison Sinurat, Ketua DPC Samade Hatonduhan, ucapan terima kasih kepada Bapak Manejer PTPN IV Kebun Tonduhan atas bantuannya. “Kami yang juga sebagai warga yang berdampingan dengan Kebun Tonduhan akan berpartisipasi untuk menjaga asset Perusahaan. Agar kedepan apabila Perusahaan memperoleh laba yang besar tentu kami sebagai rakyat atau petani akan merasakan kepedulian PTPN IV,” ujarnya.
Kami juga berdoa semoga Kebun Tonduhan akan menghasilkan produksi yang meningkat, tambah Edison di dampingi Marihot Butar-butar (Sekretaris), Risjon Manurung dan S. Tambun mewakili kelompok tani Dosroha dan Andalan, ungkapnya. (KRO/RD/SS)