PTPN Janji Lunasi Utang ke Karyawan dan Pensiunan Tahun Depan

51

RADARINDO.co.id – Jakarta : Holding BUMN Perkebunan PTPN III komit untuk membayar utang kepada karyawan dan pensiunan pada tahun 2025 mendatang. “Insya Allah tahun depan selesai dengan (isu) karyawan dan pensiunan,” jelas Direktur Utama PTPN III, Muhammad Abdul Ghani dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Baca juga : LPK Ziona dan PT Pelatihan Pemenang Asia Jalin Kerjasama

Menurutnya, hal itu didorong dengan upaya perusahaan yang sudah dilakukan sejak tiga tahun terakhir, dimana sejak tahun 2020 perusahaan diklaim telah mengumpulkan laba.

Dengan upaya tersebut, Ghani menyebutkan pihaknya berhasil mengumpulkan laba hingga Rp 11,7 triliun dan langsung membayar kewajiban kepada perbankan, iuran pensiunan, dan utang hari tua.

“Sejak 2020 sampai saat ini PTPN mengumpulkan laba Rp 11,7 triliun lalu kami membayar kewajiban ke perbankan Rp 11,3 triliun, lalu utang hari tua Rp 3,7 triliun, iuran pensiun sudah kami bayar Rp 3 triliun masih belum lunas, tahun depan baru lunas,” bebernya.

Baca juga : Rutan Labuhan Deli Berikan Susu ke Warga Binaan Lansia

Ghani menyebutkan, salah satu upaya yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan membentuk tiga subholding di PTPN dan mendongkrak pendapatan perusahaan.

“Dengan terbentuknya 3 sub holding maka isu-isu karyawan pensiunan terselesaikan. Ambil contoh PTPN 8 di Jawa Barat selama ini terhutang santunan hari tua Rp 300 miliar-an akan kami selesaikan 3 tahunan,” tandasnya. (KRO/RD/CNBC)