Ratusan Petani Demo PTPN XII Alasannya Bikin Kaget

143
Ratusan Petani Demo PTPN XII Alasannya Bikin Kaget
Ratusan Petani Demo PTPN XII Alasannya Bikin Kaget

RADARINDO.co.id-Jember: Ratusan aliansi petani Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, mendatangi kantor PTPN XII kebun Mumbulsari, Rabu (02/02/2022).Diperkirakan mencapai 400 petani melakukan konvai mereka menuntut pertanggungjawaban rusaknya tanaman.

Baca juga : Penimbun 4 Ton Bubuk Bersubsidi Diamankan Polisi, Bikin Susah Petani

Berdasarkan liputan RADARINDO.co.id Biro Jember, masa yang menggelar aksi demo pihak manajemen PTPN XII kebun Mumbulsari.

Masa dari kelompok tani menuding, oknum suruhan PTPN XII diduga melakukan pembabatan dan pengerusakan tanaman jagung dan pepaya milik petani.

“Kami para petani kebun di rugikan atas pembabatan atau pengerusakan tanaman jagung dan pepaya milik Petani yang di tanami pada tanggal 27 Januari 2022,” ujar Taufik salah seorang petani yang melakukan memprotes keras.

Masyarakat yang tinggal dan menggantungkan mata pencariannya di sekitar kebun mumbul sebagai penunjang ekonomi sehari harinya seperti Afdeling Mrawah, Lengkong, Gamberono, Dampar, Talang, dan Gunung Mayang Kecamatan Mumbulsari.

Dengan adanya pelaporan warga atas perusakan tanaman palawija di areal PTPN XII tersebut , yang juga ada tanaman pokok .ternyata tanaman tersebut yang ditanam oleh warga . Pungkas AKBP Hery Purnomo .

Imam Dwi Hartono selaku Manager PTPN XII Kebun Mumbul mengatakan pada prinsipnya perwakilan dari masyarakat tani yang Hadir telah mengakui keabsahan Hak Guna Usaha (HGU) secara legal sudah di tunjukkan dan masih berlaku.

“Poin penting yang menjadi miskomunikasi selama ini bahwasannya masyarakat setempat menganggapnya HGU PTPN XII Kebun Mumbul Mati”, cetus Imam Dwi Hartono.

Baca juga : Perayaan Imlek Kondusif, Kapolda dan Pangdam I/BB Ucapkan Terima Kasih

Hingga berita ini dilansir, belum diketahui secara persis apa saja hasil pertemuan manager kebun Mumbulsari dengan para petani yang melakukan aksi demo.(KRO/RD/An)