Simak, Ini Beberapa Jenis Makanan Bisa Bikin Awet Muda

25

RADARINDO.co.id : Awet muda merupakan hal yang paling didambakan banyak orang, baik itu bagi kaum Adam maupun Hawa. Biasanya, untuk bikin awet muda, adalah dengan rutin melakukan perawatan.

Baca juga : Minum Kopi Pagi Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Pola makan bisa jadi bagian dari rutinitas perawatan kulit agar awet muda. Mengkonsumsi makanan kaya antioksidan dan anti-inflamasi dapat memperlambat penuaan pada kulit. Namun, bukan berarti hal itu bisa didapat dalam waktu singkat.

Salah satu penyebab kulit yang terlihat tua adalah kerusakan permanen pada kolagen atau protein yang memberikan elastisitas pada kulit. Hilangnya kolagen dapat terjadi karena paparan sinar matahari, merokok, atau polusi udara. Beberapa faktor lain seperti stres, kurang tidur, dan minimnya asupan air juga bisa memengaruhi elastisitas kulit. Melansir cnnindonesia, berikut beberapa jenis makanan bisa bikin awet muda.

Alpukat

Penelitian menunjukkan bahwa makan alpukat menawarkan beberapa manfaat anti-penuaan. Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa wanita yang makan alpukat setiap hari selama delapan minggu mengalami peningkatan elastisitas dan kekencangan kulit.

Baca juga : Minum Rebusan Daun Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk kulit. Konsumsi tomat juga dipercaya bikin kulit terlihat awet muda. Sebuah uji coba terkontrol pada tahun 2001 menemukan, konsumsi tomat dapat membuat kulit lebih tahan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Teh hijau

Kandungan epigallocationchin-3-gallate (EGCG) dalam teh hijau telah terbukti mengurangi peradangan kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat. Namun demikian, belum ada penelitian yang cukup untuk menentukan berapa banyak teh hijau yang perlu dikonsumsi demi mendapatkan manfaatnya.

Ikan kembung

Ikan kembung dan ikan kaya asam lemak omega-3 lainnya seperti salmon dan sarden merupakan sumber protein yang dapat membantu meringankan tanda-tanda penuaan.

Delima

Beberapa penelitian menemukan, senyawa antioksidan dalam buah delima dapat membantu mencegah penuaan kulit. Senyawa ini juga dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV.

Lemon

Lemon dan buah-buah sitrus lainnya kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam kesehatan kulit. Sebuah studi menemukan, perempuan yang mengonsumsi vitamin C lebih banyak memiliki potensi lebih rendah mengalami kerutan dan kulit kering.

Nanas
Buah tropis satu ini punya manfaat anti-aging yang tersembunyi. Nanas adalah salah satu sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C juga dibutuhkan untuk memproduksi kolagen atau protein yang mempertahankan elastisitas kulit. (KRO/RD/CNN)