Sungai Bangkatan Meluap, Ratusan Rumah Terendam

253 views

RADARINDO.co.id-Binjai:
Hujan deras yang turun selama 4 jam membuat Sungai Bangkatan di Kota Binjai, Sumatera Utara (Sumut), akhirnya meluap, Rabu (30/9/2020). Ratusan rumah warga di sepanjang aliran sungai terendam air dengan ketinggian 1,5 meter.

Tim SAR Brimob Polda Sumut, AKP Sardi menyampaikan, ada ratusan kepala keluarga (KK) yang mengungsi akibat meluapnya air sungai ke pemukiman warga di Bangkatan, mulai sekitar pukul 01.00 WIB tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu.

“Kita langsung turun ke lokasi banjir tersebut. Genangan air sempat surut, namun sekitar pukul 04.00 WIB, Sungai Bangkatan kembali meluap, dan genangan air lebih tinggi dari sebelumnya,” ujar AKP Sardi.

Sardi mengatakan, pihaknya bersama TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, langsung membantu melakukan evakuasi terhadap masyarakat. Petugas juga membantu mengevakuasi barang berharga milik warga di sana.


“Mereka dievakuasi ke dataran lebih tinggi. Setelah kondisi air menyurut, kita akan membantu warga membersihkan pemukiman warga dari endapan lumpur. Untuk penyaluran bantuan makanan dan minuman, juga sudah dilakukan,” sebutnya. (KRO/RD/Berisatu)