Terdakwa Tanam Pohon Ganja di Medan Divonis 114 Bulan

200
Terdakwa Tanam Pohon Ganja di Medan Divonis 114 Bulan
Terdakwa Tanam Pohon Ganja di Medan Divonis 114 Bulan

RADARINDO.co.id – Medan :  Terbelit kasus hukum lantaran tanam ganja, Majelis Hakim Denny Tobing menghukum Ronald Tampubolon (37) dengan pidana selama 9 tahun 6 bulan penjara. Warga Jalan Hindu, Medan ini terbukti bersalah menanam tanaman ganja sebanyak 12 batang dan setinggi 45 cm, dalam sidang virtual di Ruang Cakra 9 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (18/2/2021).

Baca juga : Penumpang Taksi Jurusan Pekanbaru Psp Ditemukan Tewas

Dalam putusan, terdakwa terbukti telah melanggar Pasal 111 ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Majelis Hakim, menjatuhkan terdakwa Ronald Tampubolon dengan pidana selama 9 tahun 6 bulan penjara denda Rp1 miliar subsider 6 bulan penjara,”ujarnya.

Menurut Majelis Hakim, hal yang memberatkan perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika. Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa bersikap sopan.

Atas putusan itu, JPU Chandra Naibaho menyatakan terima, sedangkan penasihat hukum terdakwa menyatakan pikir-pikir. Vonis ini lebih rendah dari tuntutan JPU, yang semula menuntut terdakwa selama 10 tahun penjara denda Rp1 miliar subsider 6 bulan penjara.

Baca Juga : Puluhan Ikan Paus Pilot Mati di Pulau Madura

Diketahui, pada 19 Juli 2020 terdakwa ditangkap oleh petugas kepolisian dari Polsek Medan Barat, dirumahnya di Jalan Hindu, Medan.

Petugas kepolisian menemukan barangbukti 6 buah pot yang berisi 12 batang tanaman ganja tinggi berkisar 10-45 cm yang ditanam dirumah terdakwa. Terdakwa mengakui bahwa 12 batang tanaman ganja tersebut ditanam dari biji ganja yang dibelinya dari Dedek (DPO), seharga Rp10.000. (KRO/RD/wsp)