Terdampak Pandemi Corona, Deretan Artis Ini Mengaku Kesulitan Bayar Karyawan

156

RADARINDO.co.id-Jakarta:
Mewabahnya virus corona membuat beberapa sektor usaha mengalami penurunan omzet. Akibatnya, beberapa pengusaha pun mengaku kesulitan untuk membayar pekerjanya. Hal tersebut juga dialami oleh beberapa kalangan artis Tanah Air yang juga memiliki bisnis. Akibat merebaknya COVID-19, mereka mengaku sempat kesulitan bayar karyawannya.

Dihimpun AKURAT.CO dari berbagai sumber, berikut deretan artis yang mengaku sempat kebingungan bayar karyawan. Dampak merebaknya corona berpengaruh terhadap bisnis hiburan Raffi Ahmad. Sebagaimana diketahui, selain menjadi artis, Raffi juga memiliki perusahaan bernama Rans Corps Entertaiment.

Dalam vlog yang diunggah kanal YouTube Luna Maya pada Jumat (10/4) lalu, Raffi mengaku sempat pusing bayar karyawan akibat COVID-19.


“Emang A Afi, ini, masih mikirin duit?” tanya Luna.

“Masih lah, yang bikin aku pusing, itu kalau sampai COVID-19 ini panjang, itu nanti yang gaji karyawan gue gimana,” jelas Raffi.

“Jangankan Rans Entertaiment yah, itu perusahaan-perusahaan besar aja banyak yang sudah melakukan PHK, atau karyawannya dirumahkan,” tambah Raffi.

Meski demikian, Raffi tetap berusaha untuk tidak mem-PHK karyawannya. Terlebih saat ini mendekati lebaran, tentu karyawannya membutuhkan penghasilan untuk menghadapi hari raya.

Serupa dengan Raffi Ahmad, Luna juga merasakan dampak COVID-19 terhadap persoalan finansialnya. Menurut Luna, menjadi seorang artis tidak semudah yang dibayangkan orang untuk mendapatkan uang. Mereka harus pergi ke lokasi syuting dulu baru mendapat bayaran.

Dengan merebaknya COVID-19, banyak syuting yang terpaksa ditunda. Hal inilah yang membuat Luna merasa pendapatannya berkurang. Sementara ia masih harus menanggung gaji karyawan dan beberapa cicilan.

“Yang paling berat saat ini saya bisa dibilang zero income, tidak ada pemasukan sama sekali,” jelas Luna dalam video di kanal YouTube nya.

“Nggak cuma yang bawah aja lho (Yang alami kesulitan akibat virus corona) terutama aku, aku juga sampai detik ini harus gaji orang-orang yang bekerja sama aku, orang rumah dan cicilan rumahku, cicilan mobilku, kartu kredit yang tetap berjalan,” tambah Luna.

Kesulitan menggaji karyawan juga diakui oleh sutradara Hanung Bramantyo. Melalui video yang diunggah di kanal YouTube-nya yang berjudul ‘Pillow Talk: Kami Kembali’, suami Zaskia Adya Mecca ini mengaku kesulitan menggaji karyawannya akibat COVID-19.

“Kemarin perusahaanku PT Dapur Film, baru kali ini kita berbicara dari hati ke hati kepada karyawan, bahwa kita tidak sanggup untuk membayar, untuk menggaji lagi,” jelas Hanung.

Namun, untuk membantu karyawannya, Hanung mempersilahkan mereka untuk bekerja di luar kantornya dengan boleh menggunakan fasilitas yang ada di kantor Hanung. (KRO/RD/Akurat)