Tim PKM USU Latih Warga Olah Limbah Plastik Jadi Batu Bata

213

RADARINDO.co.id-Medan:
Tim Dosen Universistas Sumatera Utara (USU) melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Sidodadi, Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang. PKM di bawah bimbingan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) USU. Kegiatan diketuai Dr Rohani Ganie, MHum bersama Dr Diana Sofia Hanafiah, SP, MP dan Dra Zurni Zahara Samosir, PKM dihadiri perangkat Desa Sidodadi, Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang bersama karang taruna setempat.

Pada kesempatan itu hadir tim pengabdian USU dan beberapa alumni untuk memberikan penyuluhan serta pelatihan mengenai pengolahan limbah plastik menjadi batu bata.

Dr Rohani Ganie, MHum selaku ketua tim pengabdian USU memaparkan sampah plastik kerap disepelekan oleh masyarakat dikarenakan adanya stigma bahwa sampah plastik tidak dapat diolah dan sulit didaur ulang sehingga terjadi penumpukan sampah plastik yang kian hari semakin bertambah volumenya.

Penyumbang terbesar limbah plastik berasal dari rumah tangga, dan biasanya masyarakat mengurangi limbah plastik dengan cara dibakar, namun cara tersebut salah dan dapat menimbulkan polusi udara.

“Solusi dari pengurangan limbah plastik di desa tersebut dapat dilakukan dengan cara mengolah limbah menjadi barang berguna berupa batu bata, dan hasil dari olahan tersebut dapat meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat setempat. Namun penggunaan batu bata sebagai bahan bangunan tidak dianjurkan karena harus melalui proses pengujian terlebih dahulu” ungkapnya baru ini.

Tim PKM USU bersama dengan alumni Hafizha Hayati Barus dan Hidayatul Munawaroh memberikan penyuluhan sekaligus pelatihan langsung bagaimana mengolah limbah plastik menjadi batu bata, dari mulai proses melelehkan limbah dengan mencampurkan oli dan abu gosok, sampai ke tahap pencetakan menjadi batu bata.

Tim pengabdian USU turut membina karang taruna bagaimana mengolah limbah plastik hingga menjadi batu bata. Batu bata yang dihasilkan dari olahan limbah tersebut dapat digunakan untuk membuat taman desa dan memperindah pekarangan rumah. (KRO/RD/Waspada)