Timnas Brazil Terancam Dicoret dari Semua Kompetisi

13

RADARINDO.co.id-Jakarta : Timnas Brazil terancam tidak bisa bermain di Copa America 2024 setelah FIFA mengeluarkan ancaman untuk Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF).

Melansir cnnindonesia.com, Rabu (27/12/2023), semua bermula dari keputusan Pengadilan Rio de Janeiro pada 7 Desember yang mencopot Ednaldo Rodrigues dari jabatan Presiden CBF periode 2022-2026. Pengadilan membatalkan hasil pemilihan Presiden CBF, yang dimenangi Rodrigues, yang digelar pada 2022.

Keputusan itu diambil karena Pengadilan Rio menganggap ada penyimpangan dalam pemilihan Rodrigues sebagai presiden CBF tahun lalu. Sebelumnya ada tuntutan dari salah satu mantan wakil presiden CBF yang kehilangan jabatan berdasarkan perjanjian yang ditandatangani pada 2022 oleh CBF dengan Kejaksaan mengenai proses pemilihan pengurus CBF.


Pengadilan Rio kemudian menunjuk Jose Perdiz, yang menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Olahraga Brazil, sebagai Presiden Interim CBF. Perdiz diberi tugas menggelar pemilihan untuk memilih Presiden CBF yang baru dalam waktu 30 hari sejak keputusan 7 Desember.

FIFA dalam surat tertanggal 24 Desember kemudian mengeluarkan ancaman. Surat itu ditujukan kepada Alcino Reis, mantan Sekjen CBF era kepengurusan Ednaldo Rodrigues.

Dalam surat tersebut FIFA menyatakan ada perwakilan FIFA dan Conmebol yang akan hadir di Brazil pada 8 Januari untuk bertemu dengan masing-masing pemangku kepentingan, mengkaji situasi, dan bekerjasama untuk mencari solusi atas masalah saat ini.

FIFA juga menyatakan hingga saat ini mereka hanya mengakui CBF dengan Rodrigues sebagai presiden federasi. FIFA tidak mengakui CBF pimpinan Perdiz dan melarang digelarnya pemilihan pengurus yang baru.

Jika pihak Perdiz melanggar perintah FIFA, maka otoritas sepak bola tertinggi dunia itu akan menyerahkan ke Dewan Etik FIFA dengan peluang ancaman sanksi.

“Jika hal ini tidak dipatuhi, FIFA tidak punya pilihan lain selain menyerahkan masalah tersebut ke badan pengambil keputusan terkait dipertimbangkan dan diambil keputusan, yang mungkin juga mencakup skorsing,” tulis pihak FIFA.

Salah satu ancaman hukuman yang akan didapat sepak bola Brazil jika CBF melanggar perintah FIFA adalah seluruh timnas Brazil dan klub Brazil dilarang tampil di kompetisi internasional payung FIFA, termasuk Copa America 2024 hingga laga persahabatan berlabel FIFA.

“Kami juga ingin menggarisbawahi jika CBF pada akhirnya dibekukan oleh badan FIFA terkait, CBF akan kehilangan semua hak keanggotaannya dengan segera dan sampai skorsing tersebut dicabut oleh FIFA. Ini juga berarti perwakilan CBF dan tim klub tidak lagi berhak mengambil bagian dalam kompetisi internasional apa pun selama dibekukan,” tulis FIFA. (KRO/RD/CNN)