Turunkan Angka Putus Sekolah, PKBM Ziona Buka Layanan Pendidikan Kesetaraan

50

RADARINDO.co.id – Gunungsitoli : Pendidikan Kesetaraan merupakan upaya penurunan angka putus sekolah. Untuk menjawab tantangan putus sekolah, PKBM Ziona membuka layanan pendidikan kesetaraan melalui program paket A (setara SD), paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA).

Untuk menjadi setara dengan pendidikan formal, kedepan akan dilaksanakan uji kesetaraan. Pada tahun 2023 ini, beberapa tutor di PKBM Ziona melaksanakan tutorial untuk memberikan pengetahuan penguasaan modul kepada peserta.

Baca juga : Masyarakat Serbu Telur Murah di Desa Manunggal

Pada saat pelaksanaan tutorial, Ketua PKBM Ziona, Rido Waruwu menyempatkan diri untuk memberikan motivasi kepada peserta guna meraih masa depan melalui pendidikan. Mendorong peserta untuk tetap belajar walau sudah usia lanjut.
“Usia tidak menjadi penghalang untuk terus belajar, maka kami mengajak seluruh peserta pendidikan kesetaraan yang telah terdaftar sebagai peserta didik di PKBM Ziona untuk tetap komitmen mengikuti pembelajaran secara tutorial,” katanya, Sabtu (01/4/2023) di Gunungsitoli.

Sistem pembelajaran pendidikan kesetaraan lanjutnya, telah memberikan ruang kepada peserta untuk memilih metode pembelajaran, sehingga ini dapat menjadi ruang yang baik kepada peserta.

Baca juga : Kadin Batu Bara Berbagi Kepada Warga Kurang Mampu

Menurutnya, peserta pendidikan kesetaraan sekarang ini justru diharapkan lebih kreatif dalam belajar, bahkan peserta memiliki keleluasaan dalam mengatur waktu belajarnya. Belajar sambil bekerja, dan menghasilkan karya.

Pelaksanaan tutorial dipandu oleh Armindo Putra Zega, S.ST diruang belajar PKBM Ziona, didampingi tenaga administrasi Otniel Zebua yang diikuti oleh peserta pendidikan kesetaraan Paket C kelas XII. (KRO/RD)