Wabup Samosir Pimpin Upacara Harkitnas

48

RADARINDO.co.id – Samosir : Wakil Bupati (Wabup) Samosir, Drs.Martua Sitanggang, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tingkat Kabupaten Samosir, di Tanah Lapang Pangururan, Senin (22/5/2023).

Turut hadir pada upacara tersebut, Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, Kajari Samosir Andi Adikawira Putera, SH, MH, anggota DPRD Samosir Saur Tua Silalahi dan Magdalena Sitinjak, para Pejabat Tinggi Pratama, PJU Polres Samosir, Camat Pangururan, Danramil Pangururan, dan para peserta upacara lainnya.

Baca juga : Kondisi Jalan Evakuasi Tsunami Singkil Rimo Memprihatinkan


Plt. Menteri Kominfo RI, M Mahfud MD dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabup mengatakan bahwa 115 tahun lalu bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

“Boedi Oetomo melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” sebut Wabup.

Baca juga : Bupati Humbahas Pimpin Rakor Konvergensi Penurunan Stunting

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia lanjutnya, menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi Covid-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

“Kita patut bersyukur pada tanggal 5 Mei 2023, WHO telah mengumumkan bahwa darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara reami dicabut. Ditengah kekurangan, tantangan dan mesalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa,” ujarnya. (KRO/RD/ P Simbolon)