Wakil Bupati Pakpak Bharat Hadiri Lounching Aplikasi SIMBG Kemterian PUPR

75
Wakil Bupati Pakpak Bharat Hadiri Lounching Aplikasi SIMBG Kemterian PUPR
Wakil Bupati Pakpak Bharat Hadiri Lounching Aplikasi SIMBG Kemterian PUPR

RADARINDO.co.id-Pakpak Bharat: Wakil Bupati Pakpak Bharat H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd hari ini mengikuti peluncuran resmi Aplikasi terbaru dari Kemnterian PUPR.

Sebuah Aplikasi bertajuk Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) yang menawarkan berbagai kemudahan dalam pengurusan dan penerbitan Surat Ijin Mendirikan Bangunan Gedung guna mendukung langkah Pemerintah dalam penerapan Sistem Pemerintah berbasis online.

Baca juga : Bupati Pakpak Bharat : Holtikultura Berpeluang Tingkatkan Pendapatan Ditengah Pandemi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) versi terbaru.

“Dengan mengucap Bismillah, dengan ini saya luncurkan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG),” kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dalam peluncuran SIMBG secara virtual seore ini (30/07/2021).

Diana menjelaskan, SIMBG versi terbaru ini memungkinkan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia untuk dapat mengurus pelayanan perizinan bangunan gedung secara online dan menjadi lebih mudah dan transparan.

Kedepan ini Pemerintah Daerah baik Provinsi danjuga Kabupaten/Kota diharuskan menggunakan aplikasi SIMBG dalam pelayanan perizinan bangunan gedung.

SIMBG bisa digunakan oleh Pemerintah Daerah juga dalam pelayanan perizinan bangunan gedung. Masyarakat dapat mengajukan persetujuan bangunan gedung dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) secara online.

melalui SIMBG ketentuan prosedur dan waktu pelayanan perizinan bangunan gedung sama di seluruh wilayah di Indonesia.

Hal ini tentu saja memberikan kemudahan, cepat, transparansi dan juga peningkatan pelayanan publik menjadi lebih baik, ungkap Diana.

Baca juga : Wakil Bupati Pakpak Bharat Hadiri Sosialisasi Penanganan Covid-19

Sementara itu Wakil Bupati Pakpak Bharat yang mengikuti acara ini secara virtual dari Ruang Rapat Sindeka, Kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat menyampaikan siap mendukung langkah Kementerian PUPR ini.

Sistem Pemerintahan berbasis online yang memang telah kami gagas dan bangun belakangan ini, tentunya dengan hadirnya aplikasi ini akan sangat membantu kami.

“Secepatnya kami akan menyesuaikan dengan sistem online kami khususnya bagi teman-teman di Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai basis IT kami. Juga teman-teman di Dinas Penanaman Modal, dan pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu untuk segera bisa menyesuaikan dengan aplikasi baru ini,” ungkap Mutsyuhito Solin usai mengikuti acara. (KRO/RDR/MANIK)