Waspadai, Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Gemuk

22

RADARINDO.co.id : Julukan ‘makanan sehat’ seolah jadi jaminan untuk banyak hal, terutama urusan berat badan. Padahal, tak semua makanan sehat bikin seseorang terhindar dari risiko kenaikan berat badan. Melansir cnnindonesia.com, berikut beberapa makanan sehat yang justru bisa bikin gemuk.

Baca juga : Coba Beberapa Cara Ini untuk Atasi Kesemutan

Alpukat
Alpukat jadi salah satu buah favorit bagi mereka yang sedang diet. Selain enak dan mengenyangkan, alpukat juga rendah gula dan kaya lemak sehat. Namun, konsumsi alpukat berlebih juga tak disarankan karena bisa bikin berat badan naik.

Jus buah
Jus buah sering dianggap sebagai minuman sehat. Tapi, jus buah, utamanya dalam bentuk kemasan, justru tinggi gula, kurang sehat, dan malah berpotensi bikin berat badan naik. Minum jus buah dalam jumlah berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas.

Air kelapa
Air kelapa jadi salah satu minuman alami paling populer. Air kelapa mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Tapi, kandungan gula dan kalori dalam air kelapa juga tergolong tinggi. Satu cangkir ukuran 240 ml air kelapa mengandung 45 kalori dan 6 gram gula. Oleh karena itu, meski air kelapa jauh lebih rendah kalori dan gula dibandingkan minuman seperti jus dan soda, sebaiknya batasi konsumsi minuman manis apapun, termasuk air kelapa.

Baca juga : Ini Makanan Alami Penambah Trombosit

Granola
Meski granola mengandung bahan-bahan bergizi seperti oat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kelapa, tapi banyak juga yang mengandung gula tambahan. Untuk mengontrol asupan gula, pilih granola dengan kandungan gula tidak lebih dari 6 gram per porsi. (KRO/RD/CNN)