Wujudkan Kota P. Sidimpuan Sejahtera, OPD Harus Lebih Energik

81

RADARINDO.co.id-Psp: Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Padangsidimpuan Tahun 2022 dengan mengusung Thema “Perwujudtan Kota Padangsidimpuan Yang Sejahtera”, yang dilaksanakan di Ball Room Hotel Mega Permata Jalan Iman Bonjol Kota Padangsidimpuan Rabu (10/02/2021).

Kepala Balitbangda Kota Padangsidimpuan Drs M Jusar Nasution MPd dalam laporannya di acara Konsultasi Publik memaparkan, konsultasi Publik ini direncanakan menjadi tahapan formal yang adanya menjadi bagian Integral dari penyusunan RKPD Tahun 2022.

Dengan demikian gagasan-gagasan yang muncul dalam forum Konsultasi Publik ini, untuk setiap Organisasi Prangkat Daerah (OPD) bisa mengaplekasikannya akan kami rekam dan tangkap dari Balitbangda sebagai gagasan baru, gagasan lanjutan dan kontinitas pembangunan.

Kemudian gagasan-gagasan yang muncul dari setiap stakeholder kami berharap bisa pula sinkron dengan Visi Misi Kota Padangsidimpuan dan menjadi rancangan berkelanjutan di tahapan-tahapan berikutnya untuk bisa diisi nanti di Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 dan merupakan bahan baku RKPD 2022 yang nanti ditetapkan.

Drs M Jusar Nasution M.Pd mengatakan kegiatan tersebut diikuti seluruh kepala OPD, Stakeholder lainnya dan rencana kita melibatkan para Kasubbag-kasubbag Perencanaan dalam forum ini diurungkan karena saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19 kita harus mematuhi Prokes.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH saat membuka kegiatan menyampaikan beberapa hal kepada Pimpinan OPD se- kota Padangsidimpuan, pertama bagaimana kita lebih maksimal jangan ditahun yang lalu mengoper rancangan awal RKPD 2022 dan kalau apa yang kita peroleh pada RKPD ini tidak lebih sempurna dari pada tahun yang lalu maka Esensi dari pelaksanana konsultasi publik kita akan kehilangan nilai-nilainya tegasnya.

Walikota Irsan Efendi Nasution SH menyampaikan Forum Konsultasi Publik ini seyoganya bisa mengakhiri perdebatan di ruang ruang publik di Kota Padangsidimpuan karena seyoganya Konsultasi Publik ini akan melahirkan ide dan gagasan.

Disamping itu kepada pimpinan OPD, Walikota menegaskan agar memulai juga memotret di OPD masing masing terhadap bukan hanya rencana kerja tahun 2022 tetapi juga bagaimana tahun ini disatu sisi kita harus melaksanakan kegiatan tahun 2021 tetapi simultan atau Varalel dengan itu bagaimana kita serius mengikuti seluruh Kalender Perancanaan tahun 2022.

Kita saat ini berada pada Pandemi Covid-19 yang tidak bisa kita perkirakan kapan berakhirnya yang secara langsung berdampak rutinitas kita, finansial yang kita miliki, kemampuan keuangan daerah yang akhir akhir ini kita ketahui bersama.

Dengan begitu perencanaan inilah yang bisa kita lakukan epektif, agar mana yang menjadi skala prioritas bagi RKPD bisa kita lakukan dengan baik karena kita pahami sepenuhnya dana transfer dari Pemerintah Pusat itu pada diseluruh daerah diseluruh Indonesia akibat pendapatan Negara yang terkuras sangat Signifikan itu sangat terasa bagi daerah.

Disamping Dana Alokasi yang alokasinya di Dua tahun terakhir ini termasuk di tahun ini sangat terbatas, seperti tahun kemarin banyak kegiatan yang dihentikan karena keuangan Negara kita sangat berkurang.

Walikota Irsan Efendi Nasution SH menyampaikan kepada seluruh pimpinan OPD yang akan menerjemahkan di masing masing Tugas Pokok dan fungsi (tupoksi) apa yang akan dihasilkan konsultasi publik ini nanti, ditegaskan agar lebih Energik, Sinergik dan Lebih Bisa Menatap walau keuangan kita berkurang tapi bagaimana seluruh kepentingan masyarakat itu bisa kita akomodasi, tegasnya.

Kegiatan Konsultasi Publik RKPD tahun 2022 melibatkan Narasumber kepala BPS Kota Padangsidimpuan Hafsyah Aprillia, S.Si, MSi membahas terkait Potret Makro Ekonomi dan Sosial Kota Padangsidimpuan.

Selain itu juga diantaranya menyampaikan tertib administrasi sesuai alamat domisili Kartu keluarga yang mencapai 91,65 persen dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Padangsidimpuan yang berada pada peringkat ke 5 dari 33 kabupaten kota se-Sumatera Utara.

Dikesempatan yang sama Yosi Sukmono ST selaku Seketaris Bappeda Provinsi Sumatera Utara juga berkesempatan memaparkan arah kebijakan Pemprovsu Tahun 2022.

Kemudian memaparkan terkait kebijakan umum Penyusunan RKPD, arah kebijakan Nasional serta hasil Evaluasi paruh waktu (Mid-term Reviw) RPJMD Provsu tahun 2019-2023.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar MM, Sekda H Letnan Dalimunthe SKM, MKes, seluruh Pimpinan OPD, kepala Instansi Vertikal, perwakilan Ormas, Forum Anak dan para Tokoh-tokoh Masyarakat serta undangan lainnya. (KRO/RD/VRT-Thoms)