HUT Ke 73 Polwan, Momentum Jadi Srikandi Profesional Dicintai Masyarakat

84
HUT Ke 73 Polwan, Momentum Jadi Srikandi Profesional Dicintai Masyarakat
HUT Ke 73 Polwan, Momentum Jadi Srikandi Profesional Dicintai Masyarakat

RADARINDO.co.id-Psp: Memperingati sejarah Polisi Wanita atau Polwan di Indonesia pada 1 September menjadi penting. Karena dibalik keberhasilan Polri melayani masyarakat, ada peran mereka.

Pada tahun ini, Hari Polwan memasuki peringatan yang ke-73 sejak pertama kali berdiri pada tahun 1948 silam.

Seluruh Polisi Wanita Indonesia memperingati, tidak terkecuali Kapolres Padang Sidempuan, AKBP Juliani Prihartini.


Baca juga : Bimbingan Teknis Smart City Pakpak Bharat Menuju Kota Cerdas

Peringatan Hari Polisi Wanita tahun 2021 mengabil tema, “Transformasi Yang Presisi, Polwan Siap Mendukung Penanganan Pecepatan Penanganan Covid-19 Untuk Masyarakat Sehat Dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju,”.

Meski dilakukan secara sederhana, namun peringatan yang dilakukan secara virtual dari Mabes Polri tersebut tidak mengurangi makna dan arti serta semangat Polwan Polres Padang Sidempuan.

Meski dalam jumlah sedikit, kehadiran Polisi Wanita dijajaran Polres Padang Sidempuan sangat dibutuhkan dalam menjalankan tugas tugas Kepolisian.

Menurutnya, perempuan kelahiran 45 tahun silam, pengabdian Polwan yang telah mencapai 73 tahun, diharapkan mampu berperan menjadi Polisi Srikandi yang semakin profesional dalam menjalankan tugas dan dicintai masyarakat, khususnya di Kota Padang Sidempuan.

“Maknanya personil Polwan Indonesia, khususunya Polwan Polres Padang Sidempuan lebih profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” ungkap Juli kepada wartawan usai kegiatan.

Juli menuturkan, HUT ke-73 Polwan Indonesia harus dimaknai dengan menampilkan sikap dan prilaku yang santun dan humanis dalam pengabdian sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat.

Dia berharap Polwan di jajaran Polres Padang Sidempuan memberikan kontribusi positif bagi institusi maupun masyarakat yang saat ini menghadapi pandemi Covid-19.

“Terus berperan aktif dan memberikan kontribusi yang baik kepada masyarakat, institusi, dan keluarga, libatkan diri dalam penanganan Covid-19 agar masyarakat kembali dapat melakukan aktifitas,” ujarnya

“Ingat, Polwan itu harus menjadi pelindung, pengayom, dan pelayan bagi seluruh masyarakat, bukan dilayani terlebih pada masa Covid-19,” tegas Juli.

Mantan Kasat Lantas Polretabes Medan itu menilai Polwan Indonesia harus bisa berkotribusi kepada masyarakat dalam hal penanganan Covid-19.

Melalui Polri yang  Presisi, Polwan harus jadi pelopor dalam menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat, serta mendukung Pemerintah guna pemulihan ekonomi nasional.

Selain itu, dikatakan Juli, Polisi Wanita merupakan wanita wanita pilihan yang mengemban amanah yang sangat besar, selain menjadi Polisi, sekaligus menjadi ibu rumah tangga.

Baca juga : Bupati Pakpak Bharat Jadi Opening Speaker Di Webinar Pendidikan

“Polwan merupakan wanita hebat. Sebab, selain dituntut mampu menjalankan tugas, Polwan juga berperan sebagai ibu rumah tangga dalam keluarga di rumah,” tandasnya sembari mengucapkan, “Selamat HUT ke-73 Polisi Wanita Republik Indonesia,” tutup Juli, mantan Kapolsek Medan Timur.

Puncak peringatan di Mapolres Padang Sidempuan dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kapolres Padang Sidempuan. (KRO/RD/AMR)