Puncak Ritual Pho Tho, Klenteng Gek Ong Long Kong dan KITA Salurkan 1000 Paket Sembako

71

RADARINDO.co.id – Medan : Pihak Klenteng Gek Ong Long Kong bersama Komunitas Indonesia Thionghoa (KITA), menyalurkan 1000 paket sembako kepada masyarakat prasejahtera di Jalan Sunggal Gang Jawa, Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (10/9/2023).

Kegiatan bhakti sosial ini, merupakan bagian dari ritual pho tho atau sembahyang mengirim do’a kepada leluhur yang arwahnya tidak memiliki keluarga.

Baca juga : Forkim Adakan Diskusi Publik Limbah Kali Bekasi Ancaman Bagi Masyarakat


“Kegiatan pho tho ini dilaksanakan setahun sekali. Tepatnya pada hari penanggalan bulan, yakni tanggal 17 Juli 2023, kita telah melaksanakan sembahyang. Ritual selanjutnya adalah memberikan 1000 paket sembako kepada masyarakat prasejahtera,” kata Bendahara Pengurus Klenteng Gek Ong Long Kong, Lica/Cia Cia dan Lim Chien Shu.

Diungkapkan Lica/Cia Cia bahwa kegiatan bhakti sosial ini, rutin dilakukan setiap tahunnya. Sementara lanjutnya, penyaluran paket sembako disasarkan kepada masyarakat prasejahtera yang bermukim di sekitar Klenteng.

“Paket sembako yang kita bagikan kepada masyarakat prasejahtera berupa beras, minyak goreng, gula dan mie instan. Ini dilakukan setiap tahun sekali dan kita berharap mendapat dukungan dari teman-teman semua dalam membantu sesame,” ungkap Lica/Cia Cia.

Sebagai wujud kekompakan dalam membantu sesama, Pengurus Klenteng Gek Ong Long Kong juga mengajak Komunitas Indonesia Thionghoa (KITA) Sumatera Utara untuk ikut serta dalam penyaluran paket sembako tersebut. Bantuan itu disalurkan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat prasejahtera.

Ketua DPD KITA Sumut, Rudi Wu, mengatakan bahwa pihaknya selalu melakukan kegiatan sosial setiap tahunnya, diantaranya membagikan beras kepada masyarakat prasejahtera.

“Kami sangat senang diajak membagikan beras dalam rangka pho tho. Ini merupakan budaya keturunan Thionghoa setiap tahunnya. Beras merupakan kebutuhan utama masyarakat Indonesia. Jadi kami fokus membagikan beras kepada masyarakat prasejahtera, dan ini rutin kami lakukan sejak 4 tahun belakangan,” tuturnya.

Salah satu warga yang menerima paket sembako bernama Erlina, mengaku senang atas adanya bantuan itu, apalagi saat ini harga bahan pangan pokok seperti beras mengalami kenaikan.

Baca juga : Walikota Medan Lantik Pejabat Administrasi Termasuk Camat dan Kabag

“Saya sangat senang sekali, karena harga beras saat ini sudah naik. Ini sangat membantu keluarga. Semoga kedepannya, bantuan dari pemerintah juga turun dan harga beras turun,” ungkap Erlina.

Turut hadir dalam kegiatan itu, pengurus Klenteng Gek Ong Long Kong Yakni Suhu, Tjen Kuang/alex, Ketua Hendra Sujono Bendahara, Lica/Cia Cia dan Lim Chien Shu, Penasehat Hukum, Kompol Parulian Samosir, beserta anggota seperti Henny, Mimi, Husin, dan Edi. Selain itu, juga turut hadir Pendiri Komunitas Indonesia Thionghoa Edi Sugandi, Ketua Umum KITA Dayan Sutomo, Ketua DPD KITA Sumut Rudi Wu, serta Penasehat M Ilham dan Lidya. (KRO/RD)