Bupati Batu Bara, Zahir Launching Aplikasi E-SAKIP

60 views

RADARINDO.co.id – Batu Bara : Untuk memudahkan penyusunan dan pelaporan anggaran Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batu Bara, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., meluncurkan aplikasi Elektronik Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (E-SAKIP).

Peluncuran aplikasi E-SAKIP digelar di Hotel Garuda Plaza Medan, yang dirangkai dalam acara Pra Evaluasi SAKIP di Lingkungan Pemkab Batu Bara oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Kamis (04/08/2022).

Baca Juga : Polda Sumut Berlakukan ETLE Mobile, 276 Pelanggaran Tertangkap Kamera

Acara dihadiri Asisten Deputi Wilayah I Kemenpan-RB Akhmad Hasmy, Analis Kebijakan Muda selaku evaluator SAKIP Kemenpan-RB Aiaz Rajasa, Sekretaris Daerah Pemkab Batu Bara Sakti Alam Siregar, S.H., Asisten Administrasi Umum Renold Asmara, A.P., para Kepala OPD dan camat se-Kabupaten Batubara.


Dalam acara tersebut juga diisi dengan pembacaan fakta integritas pencegahan dan pemberantasan korupsi kolusi dan nepotisme, dilanjut dengan penandatanganan fakta integritas yang dimulai oleh Sekdakab Batu Bara diikuti para Kepala OPD dan camat.

Acara dilanjutkan dengan penekanan tombol yang menandai launching E-SAKIP oleh Bupati Zahir dan pemberian cendera mata kepada tamu dari Kemenpan-RB.

Dalam sambutannya, Bupati Zahir mengatakan bahwa Kabupaten Batu Bara akan terus berkomitmen dan konsisten mengimplementasikan amanat Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, transparan dan tepat guna, dan akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat Kabupaten Batu Bara.

Baca Juga : Buka Musrenbang Polda Sumut, Kapoldasu : 80 Persen Berhasil Perencanaan

“Saat ini nilai SAKIP Batu Bara belum mencapai B, masih C dan CC. Ternyata masih banyak dalam pembuatan visi misi Bupati dan penjabaran yang dibuat oleh dinas tidak nyambung dengan yang dibuat kabag masing masing dinas, sehingga perlu kita melakukan pembinaan dalam bentuk pelatihan agar nanti dalam penyusunan SAKIP bisa lebih baik,” ungkap Zahir. (KRO/RD/DHASAM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini