Ambulance Desa Klumpang Kampung “Raib”, Kades: Di Bengkel

348

RADARINDO.co.id – Hamparan Perak : Mobil ambulance milik Pemerintah Desa Klumpang Kampung, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, tak lagi terlihat alias “raib” sejak Januari 2023 lalu. Diketahui, mobil tersebut dibeli menggunakan Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2018.

Baca juga : Kabag Hukum PTPN2 : Pelepasan Lahan Sport Center Dilakukan Secara Transparan

“Dari bulan Januari 2023 sampai sekarang sudah bulan Mei, mobil ambulance desa kami tidak kelihatan lagi. Tidak diketahui dimana sekarang ambulance itu,” ujar salah seorang warga Dusun III Desa Klumpang Kampung yang tak mau disebutkan namanya, Kamis (25/5/2023).


Seyogyanya, ambulance tersebut dibeli untuk kepentingan masyarakat seperti membawa orang sakit atau membawa jenazah warga setempat yang meninggal. Namun lanjutnya, sebelum mobil tersebut “raib” kerap digunakan untuk mengangkut hal-hal yang tidak sesuai peruntukannya, seperti mengangkut material bahan bangunan dan lainnya.

“Bukan hanya itu, kami juga pernah melihat kalau mobil itu digunakan untuk mengangkut buah kelapa. Jelas saja mobil itu mengalami kerusakan. Bahkan, oli nya tidak pernah diganti,” beber warga lainnya.

Baca juga : Indonesia WISE Gelar Seminar di Samosir

Menurutnya, saat ini jika ada warga Desa Klumpang Kampung yang sakit atau meninggal, terpaksa dibawa menggunakan odong-odong, “Sekarang ini kalau ada warga yang sakit atau meninggal ya diangkut pakai odong-odong atau becak,” ujarnya.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Klumpang Kampung, Eka Yuswardi, saat dikonfirmasi via telepon mengatakan bahwa mobil ambulance tersebut sedang berada dibengkel karena mengalami kerusakan. “Rusak, sekarang ada di bengkel Klambir Lima,” ujar Kades.

Namun, sang Kades mengaku tidak mengetahui apa penyebab rusaknya mobil tersebut. “Ya saya tidak tau apanya yang rusak, karena saya bukan orang bengkel. Mobil itu saya kasih sama kawan saya orang bengkel di Klambir Lima,” tukasnya. (KRO/RD/Ganden)