Ketua LPPA Labusel Temukan “Gepeng” Dibawah Umur Dimanfaatkan Orangtua

116 views

RADARINDO.co.id – Labusel : Ketua Lembaga Perlindungan Perempuan Anak Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) Ilham Daulay, menemukan dua orang anak Gelandangan Pengemis (Gepeng) sedang meminta-minta di jalan lintas Sumatera tepatnya di simpang Temutua Kotapinang.

Baca Juga : Kerjasama Sertifikasi APHI dan IFCC Promosikan Sumber Daya Hutan

“Dengan seluruh tubuh anak tersebut sudah dilumuri cat berwarna Silver dengan bahasa kerennya disebut dengan manusia Silver,” ujarnya pada wartawan, Rabu (14/09/2022).

Ilham Daulay sempat menanyakan dari mana asal kedua anak itu menjawab berasal dari Bagan Batu.


Kenapa kalian mau meminta- minta, dengan nada sedih dan ketakutan spontan anak tersebut menjawab, orang tua kami sedang sakit Pak, terang anak itu.

Kemudian Ketua LPPA, memberikan nasehat kepada kedua anak tersebut, agar jangan lagi melakukan yang demikian, lalu Ketua LPPA,”Ilham Daulay, memberikan bantuan kepada anak tersebut berupa uang untuk ongkos pulang ke daerah asal mereka.

Orang tua yang melibatkan atau memanfaatkan anak dibawah umur untuk mengemis (meminta-meminta) dengan cara menjadi manusia Silver dalam mencari nafkah, jelas melanggar Undang-undang.

Baca Juga : Mayat Umas Korban Tenggelam Akhirnya Diketemukan Tim Basarnas

Oleh karenanya sebagai orang tua, jangan dikorbankan anak, untuk dimanfaatkan mencari nafkah dengan mengemis apabila seluruh tubuhnya dilumuri Cat atau menjadi manusia Silver.

Ilham menyesalkan kedua orang tua anak tersebut menjadi Gepeng, apalagi sudah memanfaatkan anak dibawah umur untuk mencari keuntungan dalam mencari nafkah apa lagi melakukan eksploitasi anak dalam hal ekonomi. (KRO/RD/NAS)