Pengurus TP PKK Desa Di Pakpak Bharat Diharapkan Punya Produk Unggulan Tersendiri

46

RADARINDO.co.id-Pakpak Bharat: Pengurus TP PKK Kecamatan dan Desa di Kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat dilantik yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Salak, Senin (4/4/2022).

Pelantikan ini turut dihadiri, Ketua TP PKK Kabupaten Pakpak Bharat Juniatry Franc Bernhard Tumanggor, Camat Salak Sahat Boangmanalu serta beberapa Kepala Desa di Kecamatan Salak.

Baca juga : Revolusi Prancis Dipicu Kenaikan Harga dan Utang Besar

Dalam pelantikan tersebut, tampak pengurus TP PKK Kecamatan dilantik oleh Camat Salak. Sedangkan pengurus TP PKK Desa sebanyak 6 desa di Kecamatan Salak, dilantik masing- masing kepala desa.

Ketua TP PKK Pakpak Bharat dalam sambutannya mengatakan seyogyanya setiap Desa di Kabupaten Pakpak Bharat harus punya produk unggulan PKK sendiri.

“Kedepannya kita harapkan agar PKK di masing-masing desa punya produk unggulan tersendiri yang nanti akan kita jadikan sebagai ciri khasnya desa tersebut, disini peran PKK desa supaya bisa lebih kreatif dan jeli melihat apa kira-kira produk yang cocok dikembangkan,” ungkap Juniatri Franc Tumanggor.

Ketua TP PKK Pakpak Bharat juga mengingatkan agar para Kepala Desa dapat membantu peran PKK di desa masing-masing. Hal ini dirasa sangat perlu mengingat betapa pentingnya peran PKK dalam membantu dan mendorong berbagai program kemajuan desa.

“PKK ini memang sering diidentikkan dengan kaum perempuan, padahal sebenarnya anggapan ini salah karena kaum bapak juga boleh berperan dalam kepengurusan PKK, jadi kita semua khususnya para Kepala Desa agar bisa lebih berperan aktif dalam memajukan PKK di desa masing-masing,” ucapnya.

Dala kesempatan tersebut juga, Ketua TP PKK  juga menyoroti rendahnya moral dan disiplin anak-anak di Kabupaten Pakpak Bharat yang menurutnya sangat jauh merosot.

“Ibu-ibu pengurus PKK harus menjadi agen perubahan, khususnya dalam upaya merubah mental dan moral anak kita, saya sangat prihatin manakala mendengar ada anak kita yang mencuri,  sungguh miris rasanya, ibu-ibu semua harus jadilah motor pengerak perubahan, bina anak-anak kita menjadi anak yang baik, cerdas dan takut akan Tuhan,” pesannya.

Senada dengan Ketua TP PKK Pakpak Bharat, Kepala Desa Boang Manalu, Imanuel Boangmanalu mewakili para Kepala Desa menyampaikan bahwa pihaknya siap membantu program-program kerja PKK di desanya.

“Kami akan berupaya dalam membantu PKK di desa kami, bahwa PKK harus berkontribusi dalam pembangunan Pakpak Bharat, terlebih kami para Kepala Desa, kami yakin bahwa dibalik suksesnya tugas kami sebagai Kepala Desa, ada peran seorang perempuan yang begitu besar menyokong kami,” ungkap Immanuel.

Baca juga : Polresta Deli Serdang Gelar Vaksinasi Massal Di P3UD Tanjung Morawa

Sementara itu, Camat Salak berharap agar para pengurus PKK yang baru dilantik ini bisa menjadi teladan dan semangat baru di desa masing-masing.

“Jadilah teladan ditengah-tengah masyarakat desa dan kecamatan,” pesan Sahat Boangmanalu singkat.

Acara pelantikan Pengurus PKK di Kecamatan Salak ini juga dirangkai dengan penyerahan cendera mata. Para Kepala Desa dan pengurus PKK yang baru dilantik menyerahkan berbagai oleh-oleh produk pertanian dan peternakan di desa masing-masing kepada Ketua TP PKK Pakpak Bharat. (KRO/RD/Sibanu)