Penumpukan Dahak Ganggu Pernafasan, Ini Penyebabnya

125

RADARINDO.co.id – Medan :┬áMencegah sangat lebih baik daripada mengobati kesehatan. Tidak ada kata yang mahal tapi yang ada berbuat agar kesehatan tetap terpelihara.

Salah satu penyakit yang sering diderita seseorang adalah penumpukan dahak karena sering dianggap sepele.

Dahak adalah lendir kental dan lengket yang diproduksi oleh selaput lendir yang berada pada Mulut Hidung Tenggorokan atau MHT. Sinus Paru-paru Dahak yang lengket berfungsi untuk menjaga kesehatan dengan menjebak debu, alergen, dan virus.

Baca Juga : Ketum PBJTI Apresiasi Pengajian Rutin PC Satgas Joko Tingkir Medan Perjuangan

Dahak tidak memberi masalah, tetapi dahak dapat menumpuk ketika dalam kondisi medis tertentu. Penumpukan dahak dapat disebabkan oleh infeksi, iritasi, atau penyakit paru-paru kronis, dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan di dada dan batuk.

Mengutip Health Grades, berikut beberapa contoh penyebab penumpukan dahak yang berasal dari berbagai infeksi virus dan bakteri antara lain Bronkitis akut radang saluran bronkial biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau kadang-kadang infeksi bakteri Pilek.

Infeksi virus Croup, laringotrakeitis, radang kotak suara dan tenggorokan biasanya disebabkan oleh virus Epiglotitis, peradangan epiglotis yang langka dan mengancam jiwa.

Epiglotis adalah lipatan tulang rawan yang ditutupi selaput lendir, terletak di pintu masuk laring dan dasar lidah. Epiglotitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan terutama menyerang bayi dan anak-anak.

Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan terkadang infeksi bakteri. Radang paru-paru, biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Radang sinus biasanya karena infeksi virus, bakteri atau jamur.
Radang amandel yang sering disebabkan oleh infeksi. Infeksi serius yang memengaruhi paru-paru dan organ lain.

Makanan dan obat-obatan tertentu serta berbagai kondisi dan penyakit dapat menyebabkan penumpukan dahak, yaitu Refluks asam atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Isi lambung bocor kembali ke kerongkongan dan mengiritasi jaringan Iritasi atau obstruksi jalan napas Asma dan alergi Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Warna dahak Setiap penyebab penumpukan dahak itu dapat memberikan warna berbeda pada lendir yang dihasilkan. Mengutip Verywell Health, warna dahak dibedakan yaitu Putih atau kuning.

Ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh melawan infeksi, baik itu bakteri atau virus. Itu juga bisa terjadi jika memiliki alergi.

Kuning atau hijau, biasanya itu pertanda bahwa tubuh seseorang sedang melawan infeksi. Warna ini berasal dari sel darah putih.

Pada awalnya, mungkin melihat dahak kuning yang kemudian berkembang menjadi dahak hijau. Perubahan terjadi dengan tingkat keparahan dan lamanya penyakit potensial.

Baca Juga : Kenapa Anda Sering Lemas dan Mengantuk, Kenali Penyebabnya

Dahak Anda tampak merah atau merah muda. Warna ini biasanya disebabkan campuran darah dan bakteri. Abu-abu atau hitam ini dapat disebabkan oleh pneumokoniosis, yang terjadi ketika debu batu bara terperangkap di jaringan paru-paru. Ini mungkin juga berarti Anda memiliki infeksi jamur yang memerlukan perhatian medis.

Cara efektik dan sederhana mengatasi batuk akibat dahak adalah minum air putih hangat yang banyak. Biasakan sebelum minum harus membaca doa, agar mendapat keberkahan. (KRO/RD/Kom)