Kenapa Anda Sering Lemas dan Mengantuk, Kenali Penyebabnya

123 views

RADARINDO.co.id-Medan: Setiap orang yang memasuki usia 50 an tahun, tidak jarang ia akan mengalami gangguan stamina yang tidak seperti biasanya. Kebiasaan makan pasti juga akan berkurang, termasuk fisik lainya.

Semangat untuk melaksanakan ketugasan dan aktivitas sangat penting untuk memacu kita untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Namun demikian, ada kalanya kita seolah kehilangan semangat, yang mungkin disebabkan oleh kondisi tubuh yang mengantuk dan juga lemas. Kondisi seperti ini tentu cukup mengganggu aktivitas kita, apalagi ketika target di depan mata.

Baca juga : Ketum PBJTI Apresiasi Pengajian Rutin PC Satgas Joko Tingkir Medan Perjuangan


Ada beberapa penyebab tubuh terasa lemas dan sering mengantuk, dan dengan mengantisipasi penyebab itu, berpotensial untuk mencegah kita mudah mengantuk dan lemas.

Apa saja penyebab saring mengantuk dan lemas diantaranya terlalu banyak beraktivitas. Salah satu penyebab sering mengantuk dan lemas yang terjadi pada tubuh kita adalah aktivitas yang berlebihan.

Ketika melakukan suatu aktivitas secara berlebihan, secara alami tubuh kita akan merasa lelah dan lemas, karena kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan terbakar.

Apabila dianalogikan seperti kendaraan bermotor, rasa mengantuk dan juga lemas yang sering muncul tersebut disebabkan oleh bahan bakar kita yang telah habis akibat aktivitas yang berlebihan yang dilakukan.

Selain itu, kekurangan kalori dan juga zat gizi di dalam tubuh
bisa menjadi penyebab lainnya dari rasa mengantuk dan juga lemas dapat disebabkan oleh kurangnya asupan kalori dan berbagai macam kebutuhan nutrisi untuk tubuh.

Kekurangan dari kalori dan juga zat gizi ini tentu saja sangat berpengaruh untuk melakukan aktivitas, dan apabila kekurangan kalori dan zat gizi ini terjadi, maka anda akan merasa lemas dan juga mengantuk.

Untuk mengoptimalkan asupan kalori dan juga zat gizi di dalam tubuh anda dapat melakukan beberapa hal diantaranya wajib melakukan sarapan atau makan pagi.

Minum suplemen yang mampu meningkatkan asupan vitamin dan juga zat gizi tubuh. Jangan trlalu banyak beraktivitas.

Terlalu banyak makan. Tidak hanya kurang makan dan kurang kalori, ternyata fakta dan juga hasil penelitian juga mengatakan apabila anda mengalami kelebihan asupan makanan yang mengandung kalori alias makan berlebihan, malahan akan menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa.

Anda pun juga harus mampu untuk mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, agar tidak merasakan ngantuk dan juga lemas dalam beraktivitas.

Apa itu Dehidrasi? Selain urusan asupan kalori, hal lainnya yang dapat menyebabkan sering mengantuk dan juga rasa lemas pada tubuh anda adalah dehidrasi.

Dehidrasi merupakan salah satu gejala tubuh yang mengalami kekurangan atau defisit cairan, sehingga proses metabolisme di dalam tubuh menjadi tidak optimal.

Selain itu, kondisi tubuh akibat kurang minum juga dapat berakibat pada menurunnya konsentrasi dan fokus. Tentu saja akan membuat anda menjadi sulit untuk melakukan berbagai macam aktivitas anda dengan baik.

Menurunnya suplai oksigen ke otak. Suplai oksigen yang menurun merupakan penyebab rasa mengantuk lemas pada tubuh seseorang. Menurunnya suplai oksigen terutama dapat membuat fungsi dan juga kerja dari otak menjadi tidak optimal, sehingga efeknya adalah dapat menyebakan kantuk dan juga lemas.

Biasanya, kondisi suplai oksigen ke otak yang menurun ini disebabkan karena adanya beberapa penyebab umum. Penyebab umum antara lain Dehidrasi, Kurangnya asupan gizi di dalam tubuh. Sesak nafas dan ekanan darah rendah

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur, dimana penderitanya tidak dapat memejamkan matanya untuk tidur pada malam hari karena satu dan lain hal, seperti banyak pikiran.

Bahaya merokok dan minum alkohol. Faktor cuaca dan kondisi lingkungan tempat tinggal, adanya penyakit yang mengganggu, seperti demam dan juga penyakit lainnya bahaya kafein.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa insomnia merupakan salah satu faktor utama penyebab dari rasa lelah, lemas dan juga mengantuk yang dialami oleh seseorang pada keesokan harinya.

Selain insomnia beberapa hal yang dapat mempengaruhi rasa kantuk dan juga tubuh yang lemas akibat kurangnya waktu tidur. Adanya gangguan tidur, seperti mimpi buruk dan tidur sambil berjalan.

Penyebab sebelumnya dari mengantuk dan juga rasa lemas di dalam tubuh disebabkan oleh kondisi disiologis dan juga lingkungan, maka ada pula penyebab dari dalam tubuh yang dapat menyebabkan sering mengantuk dan juga lemas.

Hal pertama adalah anemia atau yang sering disebut dengan kekurangan darah. Anemia merupakan suatu penyakit atau kondisi yang memiliki gejala-gejala utama yatu Lemah, Lelah, Lemas, Letih dan juga Lesu.

Biasanya anemia disebabkan karena kurangnya zat besi di dalam tubuhm sehingga membuat kondisi tubuh menjadi mudah terasa lemas.

Tekanan darah rendah berbeda dengan anemia. Apabila pada anemia, penderitanya mengalami kekurangan darah, maka pada kondisi tekanan darah rendah, penderitanya memiliki tekanan darah yang rendah yang berada di bawah tekanan darah normal.

Baca juga : Dandim 0212/TS Berikan Buku Loper Koran Karya KSAD ke Walikota Psp

Ciri-ciri darah rendah ini sangat erat kaitannya dengan suplai darah dan juga berbagai macam nutrisi, termasuk juga oksigen ke berbagai organ tubuh.

Hal ini secara langsung dapat mempengaruhi kondisi tubuh menjadi lemas dan juga mudah merasa mengantuk.

Diare merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan, yang disebabkan oleh bakteri atau kuman.

Biasanya diare akan berhubungan langsung dengan kondisi tubuh penderitanya yang mengalami dehidrasi, karena feses yang keluar berupa cairan.

Maka dari itu, biasanya penderita diare akan terlihat sangat pucat dan juga mudah merasa lemas. Itulah beberapa kondisi dan juga penyebab sering mengantuk dan lemas yang terjadi pada tubuh anda. (KRO/RD/Dinkes)