Ratusan Cakades Deklarasi Damai Bersama Walikota Padangsidimpuan

47

RADARINDO.co.id – Psp : Ratusan Calon Kepala Desa (Cakades) se-Kota Padangsidimpuan melakukan deklarasi di Gedung Adam Malik, Rabu (16/8/2023). Hal itu dilakukan untuk menjaga perdamaian dalam Pemilihan Kades (Pilkades) serentak, yang akan digelar, Kamis (24/8/2023) mendatang.

Baca juga : Jampidsus Periksa Empat Saksi Terkait Dugaan Korupsi Tol Japek

Selain itu, deklarasi juga dilakukan agar para Cakades dapat menjaga kondusivitas Pilkades serentak Kota Padangsidimpuan yang akan diikuti 112 kandidat (Cakades) dari 42 desa di 4 kecamatan yang akan berkontestasi.

Namun, pada deklarasi damai itu hanya diikuti 111 Cakades. Sementara, 1 calon lainnya dari Desa Purbatua Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara tidak dapat hadir karena sedang keluar kota.

Kepala Dinas PMD Kota Padangsidimpuan, Ismail Fahmi menyampaikan bahwa sampai saat ini semua tahapan masih dalam jalur/koridor perencanaan (on the track). Menurutnya, logistik Pilkades seluruhnya sudah berada di Dinas PMD Kota Padangsidimpuan.

Sedangkan, Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Dudung Setyawan, S.Ik, MH menyampaikan bahwa pihaknya akan menurunkan personel guna pengamanan jalannya Pilkades.

Selain personel dari Polres Padangsidimpuan, pengamanan juga akan ditambah dari Poldasu sebanyak 200 personil, serta Brimob dan Polres terdekat.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0212/TS, Letkol Inf  Amrizal Nasution berharap, deklarasi damai Pilkades Kota Padangsidimpuan ini bukan sekedar kegiatan seremonial, tetapi benar-benar dilaksanakan.

Baca juga : Kondisi Halaman Kantor Camat Gunung Meriah “Memprihatinkan

Sementara, Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH, MM  mengungkapkan bahwa pengamanan pada Pilkades serentak Kota Padangsidimpuan 2023 akan dilakukan TNI/Polri dan diawasi pihak Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan. (KRO/RD/thoms)