Berkah Ramadhan Polres Tapsel Ramai Dikunjungi Lansia

18

RADARINDO.co.id-Tapsel: Berkah Ramadan Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) telah dibuka di Pasar Pargarutan, Kecamatan Angkola Timur, Selasa (2/4/2024) sore. Ramai orangtua lanjut usia (lansia) yang datang mengeluhkan kondisi kesehatan mereka.

Baca juga : Polres Batu Bara Amankan Komplotan Bandit, Tiga Tersangka Ditembak

Berkah Ramadhan ini menyediakan paket sembako murah, berisi beras 5 kilogram, gula pasir dan minyak goreng masing-masing 2 kilogram, serta telur 15 butir. Dengan harga Rp 125 ribu, juga dapat bonus satu helai pakaian gratis.

Disamping itu, juga tersedia pelayanan pemeriksaan kesehatan gratia yang dilayani tim medis dari Dokkes Polres Tapsel bekerjasama dengan Barisan Nusantara (BN) Care, lembaga nirlaba di bidang kesehatan.

Pos ini kemudian banyak didatangi lansia, yang mengeluhkan kondisi kesehatan mereka. Terlebih saat berpuasa selama bulan ramadhan ini.

Aslamiyah Harahap (81) misalnya. Meski pun tubuh tuanya tampak masih bugar, namun nenek 27 cucu dari 7 anak ini mengaku beberapa hari ini belakangan sering pegal-pegal, tak menentu. “Tapi diperiksa tadi tensi, gula darah. Normal semua. Jadi cuma dikasih vitamin saja, dan obat pereda,” kata warga Panggulangan, Pasar Pargarutan ini.

Baca juga : TP PKK Provsu Evaluasi Desa Percontohan PHBS

Mereka bersyukur ada pemeriksaan gratis ini. Selain sambil belanja, juga bisa bersosialisasi dengan orang-orang sebaya yang datang dari kampung lain. Dari data petugas, sementara sudah didatangi 37 orang.

Seperti Bekah Ramadhan di tempat lainnya, kegiatan yang diinisiasi Kapolres Tapsel AKBP Yasir Ahamdi SIK ini juga ditutup dengan buka puasa bersama dan salat berjamaah di masjid setempat.

Mewakili AKBP Yasir, Waka Polres Tapsel Kompol Rahman Harahap menyebutkan, program Berkah Ramadhan ini juga bertujuan membantu pemerintah dalam mengendalikan perekonomian masyarakat.

“Program ini sudah dilaksanakan mulai dari Paluta sekitar 11 titik. Di Kabupaten Tapsel saat ini sudah ke 6 titik,” katanya didampingi Kasat Binmas AKP Daulat MZ Harahap.

Selanjutnya, ada beberapa titik lagi yang akan digelar di antaranya di Kecamatan Sayur Matinggi, Aek Bilah dan Saipar Dolok Hole. (KRO/RD/AMR)