Bobby Nasution Kandidat Populer Layak Pimpinan Sumatera Utara

15

RADARINDO.co.id- Medan: Nama Bobby Nasution kembali menjadi perhatian masyarakat Sumatera Khususnya dan Nasional umumnya. Setelah sebelumnya sejumlah partai politik mendukung pencalonan dirinya sebagai Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara.

Baca juga : PTPN IV PalmCo Pecahkan Rekor Nasional Tanam Ulang Sawit Tercepat

Dukungan partai merupakan Keputusan melalui beberapa pertimbangan dan kelayakan sehingga sosok anak mantan salah satu Direksi BUMN Perkebunan ini dinyatakan pantas untuk memimpin provinsi Sumatera Utara, mendatang.

Selain masih berusia muda, dan memiliki rekam jejak yang baik dengan program peningkatan Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alam. Artinya, keputusan partai dan masyarakat Sumatera Utara memiliki prediksi yang sama.

Diharapkan melalui tangan pemimpin muda dan berbakat akan terjadi perubahan signifikan, bisa membawa masyarakat sejahtera.

Bahkan survei terbaru yang dirilis Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan Wali Kota Medan Bobby Nasution dipersepsikan pantas menjadi calon gubernur Sumatera Utara 2024, dengan mendominasi mendapatkan suara responden terbanyak.

Persepsi responden terhadap Bobby jauh di atas mantan Gubernur Sumatera Utara sebelumnya. Survey Manager KIC, Satria Triputra Wisnumurti dalam paparannya mengatakan, persepsi terhadap kepantasan Bobby sedikit berbeda dengan hasil pengukuran kepuasan responden yang diukur KIC.

Survei KIC secara keseluruhan di 8 provinsi mayoritas responden menyatakan akan memilih kandidat berdasar rekam jejak yaitu 41,3%. Selanjutnya sebanyak 24,5% memilih karena visi-misi dan program, 14,5% karena faktor agama dan 9,1% karena factor personal. Hal lain yang menjadi perhatian adalah kompetensi (6,5%), asal daerah (1,6%) dan penampilan atau suku.

Baca juga : PTPN IV Regional 4 Tingkatkan Kemampuan Mandor dan Krani

Selain itu survei menemukan sebanyak 76,6% responden memilih karena personal kandidat. Sebanyak 7,7% memilih karena diusung oleh partai pilihan, 4,7% memilih karena diusung ketua umum partai idola dan 11,1% menyatakan memilih karena alasan lain. Temuan lain menunjukkan sebanyak 53,3% responden menyatakan akan memilih calon dari kader partai.

“Otomatis figur-figur populer punya basis politik dan sosial yang kuat itu yang akan mudah diingat oleh masyarakat kita,” kata Titi.

Sedangkan, sejumlah tokoh lainnya hanya mendapat kurang dari 10 persen suara. Pertanyaannya, siapa yang paling pantas menjadi Gubernur Sumatera Barat periode 2024-2029. Nama Bobby Nasution adalah sosok yang pantas, sebagai pemimpin muda dan berbakat serta program untuk memberikan kesejahteraan masyarakat.

Kenapa masyarakat Sumatera Utara cenderung menjagokan Bobby Nasution sebagai kandidat muda dan populer yang layak menjadi pemimpin provinsi Sumatera Utara, Apakah karena hasil survey ia menduduki peringkat pertama dari 10 kandidat.

Adapun, survei online persepsi publik terhadap pilkada di delapan provinsi tersebut dilakukan dengan menggunakan platform data collection tSurvey yang mampu menjangkau responden secara akurat dengan memanfaatkan kapabilitas telco data insight Telkomsel. Survei dilakukan pada tanggal 3-9 Mei 2024.

Populasi survei adalah penduduk di delapan provinsi berusia >17 tahun yang memiliki nomor handphone (populasi tSurvey yang berbasis telco data insight Telkomsel). Responden survei ini berjumlah 7.864 responden dengan margin of error +/-1.1% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sedangkan sejumlah tokoh masyarakat, pemuda, maupun kalangan pengusaha serta akademi ternyata memberi respon positif bagi Bobby Nasution memimpin Kota Medan melanjutkan ke Provinsi Sumatera Utara. Semoga… (KRO/RD/01)