Dandim 0313/KPR Kodam I/BB Resmikan Desa Buluh Cina Jadi Kampung Pancasila

127 views

RADARINDO.co.id – Kampar : Desa Buluh Cina dijadikan Kampung Pancasila karena merupakan kampung yang sangat majemuk yang terdiri dari berbagai macam agama, tetapi sangat rukun dan damai.

Pancasila merupakan lambang dasar Negara Indonesia sebagai simbol bangsa yang didalamnya memiliki arti dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Desa Buluh Cina secara resmi dipilih menjadi Kampung Pancasila, Sabtu (13/08/2022)

Baca Juga : Tersangka Baru Korupsi Asuransi Jiwa Taspen, Dirut PT. PRM Ditahan

Acara dimulai pukul 08.30 Wib, Hadir pada kesempatan ini Dandim 0313/KPR Kodam I/ BB Letkol Arh. Mulyadi SIP, diwakili Danramil 06/SH Kapten Arh. Irwanto berserta Anggota.


Kapolsek Siak Hulu Kompol Rusyandi Zuhri Siregar. S.Sos, MH berserta Anggota, Camat Siak Hulu Rahmat Fajri. S.STP, M.Si diwakili Sekcam Zulkifli. SIP, Danki Kav. Gilang Abriawan. S.T.Han diwakili Letda Kav Tauhid Ramadhan S.Tr.Han (Danton-I) Letda Kav M. Evan Reyhan Tulodo. S.Tr.Han (Danton-II) berserta Anggota.

Turut hadir sebagai tuan rumah, Kades Buluh Cina Azrianto S.TP, dan juga dihadiri Kades Pandau Jaya H. Firdaus Roza, Kades Tanjung Balam Halim Hanafiah. SIP, Danru Pol PP Yurizal N berserta Anggota, Pemangku Adat Dt. Marajolelo Amiruddin, Pimpinan RRI Riau, OKP : PAC Ikatan Pemuda Karya (IPK) dan FKKPI Siak Hulu, berserta siswa siswi SDN 001 Desa Buluh Cina.

Camat Siak Hulu Rahmat Fajri. S.STP, M.Si diwakili Sekcam Zulkifli. SIP dalam sambutannya mengatakan, bahwa Kecamatan Siak Hulu adalah sebagai pintu gerbang dan berbatas langsung kota Pekanbaru.

Sehingga perbedaan agama, suku akan menjadi pemersatu bagi kita dan menjadi penggerak pembangunan. Perbedaan adalah suatu penguat kita semua. Mudah mudahan Desa lainnya bisa juga kita canangkan untuk berikutnya.

“Kami berharap kepada kepala desa untuk dapat melaksanakan kegiatan ini dan menjadi desa percontohan Dikecamatan Siak Hulu,” kata Zulkifli.

Kapolsek Siak Hulu Kompol Rusyandi Zuhri Siregar. S.Sos, MH dalam Sambutannya mengatakan, bahwa Pancasila mempunyai butir butir Pancasila yang harus kita pahami.

Bagaimana Pancasila diterapkan dalam kehidupan kita sehari hari, dari sila pertama hingga sila kelima. Kita bersyukur dengan Program TNI-AD Desa Buluh Cina ini menjadi Kampung Pancasila, dan akan menjadi contoh dengan desa desa lain.

“Seperti bagaimana toleransi yang ada di Desa Buluh Cina, bisa berjalan dengan baik dan apa yang diharapkan Pemerintah,” kata Kapolsek.

Kades Buluh Cina Azrianto. S.TP dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Dandim 0313/KPR dan Danramil 06/SH berserta seluruh Anggota, dan Forkopimcam Siak Hulu yang sudah memilih Desa Buluh Cina menjadi Kampung Pancasila.

“Dengan kebersamaan kami akan terus tingkatkan toleransi sesama, guna terwujudnya program program TNI-AD kedepannya,” ucap Azrianto.

Dandim 0313/KPR Letkol Arh. Mulyadi. SIP diwakili Danramil 06/SH Kapten Arh. Irwanto menyampaikan, tujuan dibentuk Kampung Pancasila ini untuk membangkitkan kembali semangat Pancasila kepada warga kecamatan Siak Hulu, terkhusus Desa Buluh Cina sebagai Kampung Pancasila.

Baca Juga : PTPN III Berikan Penghargaan Kepada Karyawan Pemanen dan Penderes Terbaik

Kampung Pancasila agar berupaya untuk menciptakan harmoni, yaitu untuk menumbuhkan sikap saling menghargai dan toleransi antar umat beragama, saling bergotong royong dalam kegiatan masyarakat sehari harinya.

Tanpa kita sadari dalam keseharian pada dasarnya kita juga sudah melaksanakan apa yang ada pada butir butir Pancasila.

“Maka dari itu Kami berharap untuk Desa Buluh Cina agar terus meningkatkan toleransi sesama, agar terciptanya kenyamanan didalam bermasyarakat dan terbentuknya Kampung Pancasila,” harap Danramil. (KRO/RD/SM)