Dinilai Pilih Kasih, Dana Desa Klambir V Kebun Hamparan Perak Disoal

58

RADARINDO.co.id – Deli Serdang : Penggunaan dana desa tak merata, sejumlah warga Sedayu Raya kecewa terhadap kinerja Suprayogo selaku Kepala Desa (Kades) Kelambir V Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang yang dinilai tak transparan dalam pengelolaan dana desa.

Baca juga : Dansat Brimob Polda Sumut Pimpin Apel Kesiapsiagaan

Miliaran rupiah dana desa yang sejatinya untuk kesejahteraan warga tanpa tebang pilih itu tak pernah menyentuh dusun mereka..”Kami kecewa dengan kinerja Kades Kelambir V Kebun,” ungkap sejumlah warga yang enggan disebutkan namanya belum lama ini kepada media dengan nada kesal.


Warga menyebut, sejauh ini dusun mereka tak pernah ada pembangunan dari dana desa, sehingga aktivitas warga sekitar terganggu. Warga mencontohkan, pembangunan jembatan papan di daerah itu dibuat sendiri atas swadaya warga, bukan pakai dana desa.

Sementara, Kades Kelambir V Kebun, Suprayogo yang dikonfirmasi media menyebutkan, dirinya tak menampik hal itu. “Mungkin tak semua ya, karena tergantung persen yang diatur pemerintah,” katanya belum lama ini.

Baca juga : Tingkatkan Kemampuan, Sat Brimob Poldasu Latihan Amankan Negara

Terpisah, Koordinator Analisa Data dan Pelaporan Republik Corruption Watch (RCW), Sunaryo saat dimintai tanggapannya kepada media menyarankan, alangkah baiknya permasalahan tersebut diserahkan kepada penyidik untuk dilakukan investigasi data.

“Agar tak menjadi fitnah, lebih baik permasalahan itu diserahkan pada penyidik,” sarannya kepada media, Kamis (21/3/2024).

Pihaknya akan mendorong penyidik, baik itu dari kepolisian maupun kejaksaan untuk segera melakukan Pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan data). Pasalnya menurut Sunaryo, kecurangan dalam hal pengelolaan dana desa bukan cerita baru.

Jika dilakukan pengusutan, dirinya meyakini bakal ada ditemukan penyimpangan bermuara korupsi. “Kita yakin itu,” tandasnya. (KRO/RD/Tim)