Ikan Mas Di Kolam Kejatisu Banyak Yang Tewas

234 views

Radarindo.co.id-Pangkalan Mansyur: Sebanyak sekitar puluhan ekor ikan mas yang terdapat di kolam ikan kantor Kejaksaan Tinggi Sumut (Kejatisu) di Jalan AH. Nasution Kelurahan Pangkalan Mansyur Kecamatam Medan Johor banyak yang bermatian.

Tidak diketahui pasti apa penyebab tewasnya ikan-ikan yang menjadi pemandangan asri di kantor penegak hukum berbaju coklat itu.

Pantauan media ini pada Kamis (21-9-2023) di kolam tempat tewasnya ikan-ikan mas yang posisi kolamnya berada persis di bawah gedung Ikatan Adyaksa Darmakarini (IAD) tersebut tampak puluhan ekor ikan yang tewas tersebut mengambang di permukaan kolam dan sedikit menimbulkan aroma bau jenazah ikan.


Menurut salah seorang PNS di kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan yang dimintai pendapatnya soal kematian ikan-ikan tersebut mengatakan hal itu disebabkan air kotor.

“Biasanya kalau ikan di kolam bermatian itu disebabkan airnya kotor. Bisa jadi kalau airnya dari PDAM ya berarti kaporit yang terkandung dalam air juga bisa menjadi penyebab”, ujarnya via HP Jum’at (22-9-2023) pagi.

Ia menyarankan agar air kolam yang kotor atau mengandung kaporit dibersihkan dengan obat mathylene blue (obat biru). “Pakai cairan mathylene blue aja untuk menetralkan airnya agar ikan tidak bermatian”, ujarnya tanpa menyebut nama.

Sementara itu Kasi Penkum Kejatisu Yos Tarigan belum berhasil dikonfirmasi. (Ganden)