Ini Makanan Penyebab Gula Darah Naik

50

RADARINDO.co.id : Makanan menjadi salah satu penyebab kadar gula darah naik jika tidak terkontrol. Karenanya penderita diabetes wajib menghindari makanan penyebab gula darah tinggi.

Diabetes tipe 1 atau tipe 2, terjadi ketika tubuh kesulitan untuk menggunakan insulin atau tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah cukup. Kondisi ini kemudian akan menyebabkan kadar gula atau glukosa dalam darah menjadi tinggi.

Beberapa jenis makanan diketahui dapat membuat kadar gula darah naik serta dapat mengganggu kinerja insulin, sehingga meningkatkan risiko diabetes. Beberapa jenis makanan bisa menyebabkan gula darah melonjak sehingga bisa meningkatkan risiko diabetes.

Jenis makanan yang menyebabkan gula darah naik diantaranya adalah makanan tinggi karbohidrat. Nasi putih, tepung terigu, pasta, roti, dan kentang goreng merupakan contoh makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan rendah serat.

Jenis makanan ini dapat menyebabkan kadar gula darah naik, karena karbohidrat di dalamnya mudah dicerna tubuh dan lebih cepat berubah menjadi glukosa. Agar risiko diabetes dapat ditekan, sebaiknya Anda mulai mengurangi porsi asupan tersebut.

Sebagai gantinya, oatmeal, kacang-kacangan, ubi rebus, roti gandum tanpa gula, dan makanan yang berasal dari biji-bijian utuh, seperti beras coklat bisa Anda konsumsi.

Makanan tinggi lemak Meskipun tidak secara langsung membuat gula darah melonjak, lemak jenuh dan lemak trans tetap harus dihindari penderita diabetes. Namun keduanya diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan menyebabkan resistensi insulin, sehingga meningkatkan risiko diabetes. Kedua jenis lemak tersebut banyak ditemukan di daging merah, daging olahan, mentega, selai kacang, krimer, keju, susu tinggi lemak, makanan cepat saji, kripik kentang, dan kue. Sebagai penggantinya, Anda bisa mengonsumsi ikan, tahu, alpukat, dan kacang-kacangan, seperti edamame atau kacang almond. (KRO/RD/KTN)