Ini Tips Minum Kopi Agar Tak Picu Asam Lambung Tinggi

62

RADARINDO.co.id : Penderita penyakit asam lambung kerap dibuat ketar-ketir saat akan minum kopi. Pasalnya, kopi mengandung kafein dan bersifat asam yang berpotensi membuat asam lambung naik.

Mencegah penyakit asam lambung kambuh bisa dilakukan dengan menjaga asupan dan gaya hidup sehat. Diantaranya mengganti obat jenis tertentu yang umumnya tidak ramah pemilik gangguan lambung. Berikut tips minum kopi agar tak picu asam lambung tinggi.

Biji kopi rendah asam

Sejumlah varietas kopi memiliki kadar asam lebih rendah ketimbang yang lain. Terutama kopi jenis arabika, yang ditanam di ketinggian dataran tinggi. Selain varietas, kadar asam dan kafein dalam kopi juga dipengaruhi fermentasi, pemanggangan, sampai teknik menyeduh.

Fermentasi ganda

Pecinta kopi barangkali sudah akrab dengan fermentasi biji kopi dapat memengaruhi hasil seduhan kopi. Penderita gangguan asam lambung disarankan memilih kopi yang diproses fermentasi dua kali.

Dark roast

Profil pemanggangan (roasting) biji kopi dapat memengaruhi kafein dalam kopi. Saat ditawari profil di kedai, pilih biji kopi yang dark ketimbang yang light. Kadar kafein dark roast disebut lebih rendah dan lebih minim senyawa yang memicu kenaikan asam lambung.

Tambahkan susu Minum kopi dengan campuran susu, membuat kandungan kafein kopi lebih rendah ketimbang minum kopi hitam biasa (espresso). Namun, jangan lupa pilih susu rendah lemak agar kalori tetap terjaga. (KRO/RD/KTN)