Lulusan Paket B PKBM Ziona Lanjut ke SMK Negeri

63

RADARINDO.co.id – Nias : Terbukti, hingga saat ini kehadiran PKBM Ziona dapat memberikan solusi untuk masyarakat mendapatkan pendidikan kesetaraan Paket A, B dan C sebagai pengganti serta pelengkap dari pendidikan formal.

“Misalnya ada anak yang saat ini memiliki kendala belajar di sekolah formal, sehingga tidak dapat mengikuti sepenuhnya pendidikan di bangku sekolah formal (SD, SMP, SMA), maka tentunya pilihan tepat melalui pendidikan kesetaraan,” terang Ketua PKBM Ziona, Rido Waruwu, Selasa (15/8/2023).

Baca juga : Dampak El Nino, FAO Serukan Setiap Negara Akan Hadapi Krisis Pangan Beras Naik


Seperti pada lulusan tahun 2023 ini, banyak lulusan pendidikan kesetaraan yang melanjut ke sekolah formal baik negeri maupun swasta. Bahkan banyak yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Saat ini salah seorang peserta lulusan Paket B (setara SMP) yang dulu pernah putus sekolah karena sesuatu hal, namun dengan mengikuti pendidikan kesetaraan di PKBM Ziona akhirnya kembali melanjut ke jenjang SMK Negeri.

“Contohnya lulusan paket B (setara SMP) tahun 2023 atas nama Piderman Zai, saat ini berhasil melanjut di SMK Negeri 2 Mandrehe. Ini sebagai bukti bahwa lulusan pendidikan kesetaraan layak melanjut ke jalur pendidikan formal,” tegas Rido.

Dijelaskan Rido bahwa setiap lulusan PKBM Ziona paket A dan B diberikan keleluasaan untuk melanjut ketingkat berikutnya atau ke sekolah formal. Sedangkan lulusan paket C dianjurkan untuk melanjut keperguruan tinggi atau berwirausaha.

Piderman Zai saat berkunjung ke sekretariat PKBM Ziona, mengucapkan terimakasih. Pasalnya, dengan adanya program Paket B, ia dapat melanjutkan studinya di SMK.

Baca juga : Pemkab Batu Bara Fasilitasi Pemulangan Jenazah TKI Meninggal di Malaysia

“Ini sebagai bukti nyata bahwa mengikuti program pendidikan kesetaraan bukan sekedar mendapatkan ijazah, namun juga sebagai jembatan untuk melanjutkan studi dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik,” katanya. (KRO/RD/Rd)