Peringati HUT TNI ke-78, Lemasmil 1 Medan Gelar Bhakti Donor Darah

59

RADARINDO.co.id-Medan : Selain memiliki tugas pokok dalam menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan NKRI dan melindungi segenap Bangsa Indonesia, TNI juga berperan penting dalam bhakti kesehatan, diantaranya mendonorkan darah untuk orang yang membutuhkan.

Hal ini diungkapkan Kepala Lemasmil 1 Medan, Kolonel CHK Yunus Ginting, SH, MH, didampingi Wakil Lemasmil 1 Medan, Letkol Chk Fachrurozi, SH, saat menggelar kegiatan bhakti kesehatan donor darah di Lemasmil 1 Medan, Jalan Pantai Timur Medan Helvetia, Sumut, Rabu (4/10/2023).

Kegiatan bhakti kesehatan yang turut melibatkan Staltahmil Pomdam 1/BB ini juga tak luput dari dukungan Ketua IKKT Ranting 1 Lemasmil 1 Medan, Desi Charoline Natalia dan Wakil Ketua IKKT Ranting 1 Lemasmil 1 Medan, Farida.

“ Aksi sosial ini merupakan bagian dari rangkaian semarak HUT TNI ke-78 yang jatuh pada 05 Oktober. Kegiatan ini juga merupakan wujud rasa syukur Prajurit TNI, khususnya keluarga besar Lemasmil 1 Medan,” Kata Kolonel CHK Yunus Ginting, SH, MH.

Menurutnya, keikhlasan prajurit TNI dalam mendonorkan darahnya akan sangat membantu PMI dalam mendistribusikan darah kepada siapa pun yang membutuhkan.

“ Kesadaran kami selaku prajurit TNI akan pentingnya donor darah yang mempunyai banyak manfaat dari segi kesehatan, terlebih donor darah dilakukan secara rutin akan dapat menstimulasi ritme tubuh untuk pembentukan sel darah merah yang baru dan dapat mendeteksi suatu penyakit melalui screening pada saat mendonor. Selain itu, kita turut serta dalam mendukum pemerintah, melalui PMI untuk melayani Masyarakat,” jelasnya.

HUT ke-78 TNI ini mengangkat tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”. Dalam tema tersebut terkandung makna dan latar belakang yang kuat.

“ TNI sebagai komponen utama pertahanan Negara yang terdiri dari tiga matra darat, laut, dan udara. Di mana mereka akan selalu solid, kokoh, dan loyal kepada Bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya. (KRO/RD)