Polisi Tangkap Penabang Emas Ilegal di Aceh Barat

46 views

RADARINDO.co.id-Aceh Barat : Akhirnya Satreskrim Polres Aceh Barat menggerebek tambang emas ilegal di kawasan hutan Desa Leubok Beutong, Kecamatan Sungai Mas, Kamis (10/11/2022).

Kasat Reskrim, AKP Riski Adrian mengatakan, saat dilakukan pengerebekan para pelaku tidak melakukan perlawan. Mereka langsung dibawa ke Mapolres Aceh Barat untuk menjalani pemeriksaan.

Baca juga : 2 Orang Saksi Diperiksa Dugaan Korupsi Penyimpangan Dana PT. Waskita Beton Precast

Kelima pelaku yang diamankan tersebut yakni MU (50) dan SU (30), warga Lubuk Panyang, Kecamatan Woyla timur; HI (25) warga Gleng, Kecamatan Sungai Mas; SR (24) warga Leubok Beutong, Kecamatan Sungai Mas; dan AR (20) warga Pasie Janeng, Kecamatan Woyla Timur.


Baca juga : DPRD Medan Sesalkan Pemborong Biarkan Tumpukan Tanah Bekas Galian di Badan Jalan

Petugas juga mengamankan barang bukti berupa satu unit ekscavator warna orange, dua buah indang alat pendulang emas, tiga lembar ambal penyaring emas, BBM jenis solar sebanyak 450 liter dan dua plastik berisi pasir bercampur butiran kuning yang diduga emas.

Para pelaku terancam kurungan penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp100 miliar, karena telah melanggar UU Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Penggerebekan tersebut atas laporan masyarakat juga ini merupakan komitmen Polres Aceh Barat untuk menindak praktik illegal mining. (KRO/RD/Sindo)