Sergai Raih Penghargaan KLA dari Kementerian PPPA 

50 views

RADARINDO.co.id – Sergai : Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Madya dari Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Penghargaan tersebut diterima secara virtual melalui zoom meeting pada Malam Penganugerahan Apresiasi KLA tahun 2022 di Ballroom Hotel Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center, Jawa Barat, Jumat (22/7/2022) malam.

Dalam perhelatan akbar itu, Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengutarakan KLA merupakan penghargaan yang diberikan kepada kabupaten/kota yang memiliki sistem pembangunan hak dan perlindungan khusus anak secara menyeluruh, berkelanjutan dan terencana, ucapnya.

Baca Juga : Syarat Masuk SMP Harus Bisa Baca Al-Quran Akan Diberlakukan di Sergai


“Penilaian kabupaten/kota layak anak sudah dimulai dari tahun 2006 silam hingga sampai saat ini. Ia pun berharap dengan kerja-kerja yang luar biasa daerah dapat mewujudkannya,” tandasnya.

Bupati Sergai H. Darma Wijaya disela-sela aktivitasnya menyampaikan bahwa penghargaan itu merupakan hasil jeripayah dan kerja keras seluruh unsur terkait hingga membuahkan hasil sesuai harapan.

“Ini wujud apresiasi dari Kementerian PPPA terhadap Pemkab Sergai karena telah berkomitmen dalam mewujudkan dan menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan anak,” ungkapnya.

Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati menambahkan bahwa penghargaan ini meningkat, sebelumnya Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat beberapa kali hanya meraih peghargaan dengan kategori “Pratama”.

Oleh karenanya kita patut bersyukur, namun jangan lekas puas diri. Hendaknya penghargaan ini kita jadikan semangat untuk meraih yang lebih tinggi lagi di masa mendatang.

Baca Juga : Koramil Hamparan Perak Gelar Vaksinasi di Desa Manunggal

“Terimakasih seluruh jajaran Pemkab Sergai yang sudah bekerja keras dan bersinergi hingga tercapai prestasi ini. Mari bersama kita mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus,” tutupnya.

Sedangkan Kepala Dinas P2KBP3A dr. Helminur Iskandar, usai mengikuti zoom meeting di Pendopo Pangeran Bedagai, Komplek Kantor Bupati Sergai menyebut bahwa penghargaan KLA ini terdiri dari beberapa tingkatan yaitu tingkat Pratama, Madya, Nindya dan Utama.

KLA juga merupakan bagian terpenting terciptanya Indonesia layak anak yang dicita-citakan terwujud di tahun 2030.

“Penghargaan yang kita peroleh ini meningkat dari Pratama menjadi Madya. Kita harapkan tahun depan bisa naik lagi menjadi Nindya,” pungkasnya yang hadir mengikuti zoom meeting didampingi jajaran DP2KBP3A Kabupaten Sergai. (KRO/RD/Mimah)