Wakil Bupati Humbahas Hadiri Penutupan PRSU

14

RADARINDO.co.id – Medan : Wakil Bupati Humbahas, Dr.Oloan Paniaran Nababan SH MH menghadiri penutupan PRSU (Pekan Raya Sumatera Utara) ke-49 tahun 2023 di Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (17/7/2023) malam.

PRSU yang dimulai sejak 16 Juni-17 Juli 2023 ini ditutup secara resmi dengan penekanan tombol sirine oleh Sekdaprov Sumut, Arief S Trinugroho.

Baca juga : Kejaksaan Periksa 2 Saksi Dugaan Korupsi Ekspor CPO dan Turunannya

Dalam sambutannya, Arief mengajak untuk terus menghidupkan area PRSU, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) berencana akan terus membuat kegiatan sepanjang tahun.

“Kedepan kami bertekad menjadikan areal PRSU menjadi tempat berbagai event. Oleh karenanya seluruh Pemkab/Pemko diharapkan sungguh-sungguh mendayagunakan PRSU sehingga nantinya dapat menjadi miniatur Sumut,” kata Arief.

Selama PRSU dibuka, berbagai kegiatan digelar, mulai dari bazar UMKM, job fair, pameran BUMD, BUMN dan lainnya. Arief berjanji akan membenahi fasilitas PRSU agar terus lebih baik lagi.

Direktur Utama (Dirut) PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU), Refli Yuner mengharapkan, paviliun kabupaten/kota untuk bisa dibuka setiap hari. Menurutnya, paviliun kabupaten/kota yang berada di area PRSU terus hidup dan berkelanjutan.

Baca juga : Ratusan Relawan Gerakan Sumut Mengajar Dilepas, Sebagian Ditempatkan di Batu Bara

Dalam penutupan itu, Sekdaprov Sumut memberikan sertifikat kepada kabupaten/kota di Sumut yang telah ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan PRSU ke-49. Selain sertifikat sebagai partisipasi dalam acara PRSU ke-49 tahun 2023, Kabupaten Humbahas menerima sertifikat juara III kategori pemandu pavilium terbaik. Sertifikat itu diterima Wakil Bupati Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan.

Sebelum mengikuti penutupan PRSU, Wakil Bupati Humbahas mengunjungi pavilium Pemkab Humbahas. Ada yang berbeda dari Paviliun milik Kabupaten Humbang Hasundutan nuansa Batik Humbang yang dipajang mendominasi lantai bawah terasa nyaman. Batik yang sudah sering ditampilkan ketika ‘fashion show’ beberapa kali dipinggiran Danau Toba menjadi perhatian para pengunjung. Selain Batik Humbang,  pavilium milik Kabupaten Humbahas menampilkan berwarna-warni hasil bumi seperti bawang merah, cabe merah, tomat, salak, jeruk, tiung, kopi Arabica, kubis, kentang, wortel, ubi jalar, nenas, alpokat, kemenyan dan lainnya. Yang paling menarik ada stik jagung dan andaliman siap saji. Bumbu andaliman siap saji itu hasil karya UKM Basana Putra dari Kecamatan Pollung. (KRO/RD/RS)