AMPHIBI Bersama PT Musi Mas Ajak Warga Bersihkan Sampah

46

RADARINDO.co.id – Deli Serdang : Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia (AMPHIBI) bersama pihak PT Musi Mas, mengajak masyarakat melakukan pembersihan sampah di bantaran sungai, Minggu (20/8/2023).

Ketua AMPHIBI, Agus Tanjung didampingi sejumlah aktivis, mengatakan bahwa kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian AMPHIBI terhadap kebersihan, khususnya di aliran sungai, sekaligus mencegah terjadinya meluapnya air sungai yang dapat mengakibatkan banjir.

Baca juga : Bupati Batu Bara Dampingi Wagub Sumut Resmikan Masjid Al-Musannif


Berbagai cara dan upaya telah dilakukan AMPHIBI untuk mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan, salah satunya membarter sampah sungai dengan minyak goreng yang bekerjasama dengan PT. Musim Mas.

Sebelumnya, AMPHIBI telah melakukan aksi bersih di Sungai Deli Medan dan Sungai Ciliwung Jakarta Timur dalam rangkaian HUT AMPHIBI ke-7 dan memperingati HUT RI ke-78.

“Kali ini AMPHIBI mengajak 150 orang masyarakat Desa Tanjung Rejo untuk membersihkan sampah di bantaran dan aliran sungai Pegatalan di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang,” ujar Agus Tanjung.

Sebanyak 150 karung sampah plastik dengan jumlah 450 kg yang didapat masyarakat dibarter AMPHIBI dengan minyak goreng (10 kg sampah ditukar 1 liter minyak goreng).

Kepala Desa Tanjung Rejo, Selamet mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengatakan aksi bersih di Sungai Pegatalan ini adalah sebagai bentuk kepedulian masarakat tentang lingkungan di wilayah sungai yang ada di wilayah Desa Tanjung Rejo. “Warna air sungai disini hitam pekat dan berbau tidak sedap. Tidak ada habitat sungai yang bertahan hidup dialiran sungai ini,” ucap Selamet.

Baca juga : Bupati Batu Bara Hadiri Pengukuhan 4500 Relawan Anti Narkoba

Sementara, Ketua AMPHIBI Deli Serdang, M Iqbal mengatakan, AMPHIBI hadir untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan. “Kedepan harapan kita sungai Pegatalan ini bisa menjadi bermanfaat untuk masyarakat Desa Tanjung Rejo,” tutup Iqbal.

Hadir dalam aksi tersebut, Kepala Desa Tanjung Rejo Selamet yang juga Direktur Parekraf AMPHIBI, Direktur KTH AMPHIBI Ernadhi, Ketua AMPHIBI Deli Serdang Muhammad Iqbal, serta Ketua KTH AMPHIBI Tanjung Rejo Suryono. (KRO/RILIS/AMPHIBI)