Bupati Zahir Hadiri Pengarahan Presiden Jokowi Soal Pengendalian Inflasi

89 views

RADARINDO.co.id-Jakarta: Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., menghadiri pengarahan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo, terkait pengendalian inflasi di daerah yang digelar di ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (29/09/2022).

Selain permasalahan inflasi di daerah, dalam pengarahan itu Presiden Jokowi juga membahas tindak lanjut aksi afirmasi bangga buatan Indonesia dan pembahasan mengenai pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Baca juga : Pelantikan Pengurus DPW dan DPD Solidaritas Pers Indonesia Propinsi Sumut Periode 2022 – 2027 Sukses

Diungkapkan Jokowi bahwa momok pertama semua negara saat ini inflasi, yang mana ada lima negara yang inflasinya lebih dari 80 persen. Untuk itu Jokowi meminta seluruh pemerintahan mulai dari pusat sampai ke desa dan semua kementerian/ lembaga untuk bersatu menangani inflasi.


“Kalau Covid-19 kita bisa bersama-sama, urusan inflasi ini kita juga harus bersama-sama,” ujar Presiden Jokowi.

Terkait arahan Presiden Jokowi itu, Pemkab Batu Bara di bawah kepemimpinan Bupati Zahir saat ini tengah gencar menyosialisasikan program urban farming atau lebih dikenal dengan usaha pertanian dengan memanfaatkan lahan terbuka yang ada di lingkungan sekitar.

Melalui program urban farming diharapkan masyarakat tidak merasakan langsung dampak inflasi karena nantinya mereka dapat memenuhi kebutuhan sayur mayur dan ikan yang dipelihara di pekarangan rumah.

Baca juga : Polres Padang Sidempuan Terima Kunker Ombudsman Sumut

Adapun program jangka pendek yang akan dilakukan Pemkab Batu Bara yakni dengan membentuk Satgas Inflasi, melaksanakan pasar murah, memberi bantuan ayam petelur, bantuan bibit ikan, bibit cabai, dan bibit sayur serta program traktor gratis untuk petani cabai.

Pengarahan Presiden RI turut dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para gubernur, kepala lembaga, pimpinan BUMN, dan pejabat terkait.

Selain itu juga diikuti seluruh Kepala Daerah, Pimpinan BUMN, Pangdam, Kapolda, dan Kajati. (KRO/RD/DHASAM)