Dabbah, Binatang Pesan Tanda Kiamat Telah Muncul di Israel

703

RADARINDO.co.id : Dabbah, seekor binatang yang diyakini sebagai ‘sinyal’ tanda kiamat, telah muncul di Israel. Hal tersebut dikonfirmasi melalui foto yang mengklaim kemunculan Dabbah di Israel. Foto tersebut mengundang banyak perhatian hingga viral di media sosial.

“Dabbah Telah Muncul di Israel, Binatang Pesan Tanda Kiamat. Semoga Kita Dalam Lindungan Allah. Aminn,” tulis unggahan tersebut di Facebook, dilansir dari detiksumut, Selasa (07/2/2023).

Baca juga : Ini Penjelasan Tentang Mitos Penyakit Campak


Foto yang dikabarkan sebagai akhir kehidupan itu merupakan tangkapan layar dari sebuah video ‘The Mexican Mole Lizard-Animal of the Week’ yang diunggah oleh Ben G Thomas. Dalam video itu terlihat hewan Mexican Mole Lizard, sebuah kadal tanpa kaki.
Mexican Mole Lizard sendiri mempunyai nama ilmiah Bipes biporus yang hidup di air. Hasil lansiran dari laporan Netional Geographic, Bipes biporus paling sering ditemukan di Semenanjung Meksiko, tepatnya di Baja California.

Namun, keberadaan kadal tanpa kaki itu diketahui biasanya hidup di bawah tanah dan sangat jarang muncul ke permukaan. Panjang kadal kaki itu bisa mencapai 25 kilometer. Dari informasi itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa foto tersebut bukan merupakan foto Dabbah.

Unggahan yang berisi narasi foto Dabbah tersebut adalah konten menyesatkan lantaran tak sesuai dengan fakta yang valid.

Baca juga : Kenali Beberapa Bau Tanda Kedatangan Sosok Gaib

Dalam ajaran agama Islam, Dabbah merupakan salah satu tanda datangnya kiamat besar atau kiamat qubro. Kemunculan Dabbah yang dimaknai sebagai tanda hari kiamat ini dinukil dari salah satu riwayat hadits yang diceritakan Abdullah bin Amr.
“Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata (Dabbah) menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Dalam Islam, Dabbah merupakan sejenis binatang melata, hewan berbulu dan berambut, memiliki empat kaki, dan disebut Ibnu Abbas, salah seorang yang merupakan sahabat Nabi, sebagai hewan berwajah manusia. (KRO/RD/DTK)