DPRD P. Sidimpuan Dengarkan Pidato Presiden RI

332
DPRD P. Sidimpuan Dengarkan Pidato Presiden RI
DPRD P. Sidimpuan Dengarkan Pidato Presiden RI

RADARINDO.co.id-Psp: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto.SH membuka Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo (Jokowi) pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Tahun 2021, Senin (16/08/2021).

Baca juga : Membanggakan, Dua Anak Karyawan PTPN Jadi Paskibraka Nasional Peringatan HUT RI Ke 76

Siwan Siswanto. SH menyampaikan Rapat Paripurna tersebut untuk mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia.

Ketua MPR RI, dan Ketua DPD RI terkait program yang telah, yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dan penerapannya di Daerah.

Dalam Pidatonya, Presiden Ir. Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan dana sebesar Rp255,3 Triliun untuk Anggaran Kesehatan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022. Angka tersebut setara dengan 9,4 persen dari total alokasi Belanja Negara dalam RAPBN tahun 2022, yakni Rp2.708,7 Triliun.

“Anggaran Kesehatan direncanakan sebesar Rp255,3 Triliun atau 9,4 persen dari Belanja Negara,” ujarnya dalam Pidato Pengantar RUU APBN Tahun Anggaran 2022 Beserta Nota Keuangannya, Senin (14/08/2021).

Kepala Negara menyatakan anggaran tersebut akan diarahkan untuk melanjutkan Penanganan Pandemi, Reformasi Sistem Kesehatan, Percepatan Penurunan Stunting, serta Kesinambungan Program JKN.

Khusus untuk Penanganan Pandemi Covid-19, dana tersebut akan difokuskan untuk mengantisipasi risiko Dampak Pandemi meliputi, Testing, Tracing, dan Treatment, Program Vaksinasi Covid-19, serta Penguatan Sosialisasi dan Pengawasan Protokol Kesehatan.

Diluar penanganan Pandemi, Belanja Kesehatan akan digunakan untuk Membenahi Fasilitas Layanan Kesehatan dari Hulu hingga Hilir serta dari Pusat hingga Daerah.

Selain itu, Pemerintah akan membenahi Transformasi Layanan Primer, Layanan Rujukan, Peningkatan Ketahanan Kesehatan, Peningkatan Kualitas dan Redistribusi Tenaga Kesehatan, serta Pengembangan Teknologi Informasi dalam Layanan Kesehatan.

Saat berpidato, Presiden RI Ir. Jokowi pun mengapresiasi rencana MPR yang hendak mengkaji subtansi PPHN dalam amendemen UUD 1945 sebagai langkah pembangunan Indonesia secara berkelanjutan.

Agenda MPR untuk mengkaji substansi dan bentuk hukum Pokok-pokok Haluan Negara juga perlu diapresiasi untuk melandasi pembangunan Indonesia yang berkelanjutan lintas kepemimpinan, kata Presiden.

Baca juga : Ingin Setubuhi Tante di Tengah Ladang, Begini Terjadi

Dalam Rapat Parnipurna mendengar Pidato Kenegaraan HUTKRI Ke-76 di Gedung DPRD Kota Padangsidimpuan hadir Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan, Kapolresta Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini S.IK. MH, Mewakili Dandim 0212/TS, Mewakili Danyon 123/RW, Mewakili Kejari Padangsidimpuan, Mewakili Kemenag, Ketua Pengadilan Agama, Sekretaris Daerah H. Letnan Dalimunthe SKM. M.Kes, para Asisten, Staf Ahli, Sekretaris Dewan, dan Pimpinan Organisasi Prangkat Daerah (OPD) lainnya. (KRO/RD/VRT-Thoms)